Perang Dagang yang Berlarut-larut Justru Membuat Saham AS Melonjak

Para pelaku pasar dan investor terus menunggu pertemuan yang dilakukan oleh Presiden Trump dengan penasihat dagang pemerintah AS. Dampak perang dagang memang sangat dirasakan oleh pasar sampai detik ini. Terlebih lagi saat ini sudah semakin dekat dengan diberlakukannya tarif tambahan pada produk China mulai 15 Desember mendatang.

Dilansir dari Reuters dari sumber tidak mau disebut namanya mengatakan bahwa pertemuan itu dilakukan untuk melancarkan kesepakatan dagang tahap awal dan antisipasi jika kesepakatan gagal. Sementara itu Bloomberg dan Wall Street Journal menyampaikan bahwa ada peluang penundaan tarif yang akan diputuskan oleh Presiden Trump. Sayangnya berita itu ditepis oleh penasihat ekonomi AS, Kudlow di hari Selasa kemarin.

Kenaikan Saham AS

Sejak perang dagang terjadi, dampak perang dagang terus dirasakan kedua negara, ekonomi global dan pasar saham serta keuangan. Tapi bukannya melemah, pergerakan indeks S&P 500 justru mengalami kenaikan 25,3 persen sepanjang tahun 2019. Dan untuk DJIA juga mengalami kenaikan 19,7 persen dalam tahun ini serta Nasdaq bertambah 30 persen.

CIO CalSTRS Christopher Ailman menyampaikan bahwa tahun 2020 pasar bisa menjadi lebih ganas lagi karena dampak perang dagang dan juga pemilihan Presiden AS. Dampak negatif semakin dirasakan oleh ekonomi AS seperti data pengangguran sepekan yang melonjak ke puncak 2 tahun terakhir. Data itu disampaikan menuju ke 252 ribu atau bertambah 49 ribu.

Kantor Tenaga Kerja AS menyampaikan bahwa itu adalah hasil paling tinggi sejak akhir September 2017 lalu. Data itu dilaporkan setelah Fed memutuskan untuk tidak merubah kebijakan moneter dan mempertahankan suku bunga di level 1,50%-1,75%. Dampak perang dagang semakin membuat ekonomi AS dan China bergerak tidak pasti. Selain itu perlambatan global akibat perang dagang juga menggerogoti ekonomi kedua negara.

 

 

Baca Juga:   Poundsterling Inggris Mendominasi GBPUSD Karena Optimisme Brexit dan Data AS Yang Lemah

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar