Perang Dagang Mulai Menggerogoti Pertumbuhan China

China merilis data mengenai output industri dalam hitungan selama bulan Juli yang berada dihasil 4,8 persen. Data yang disampaikan oleh Kantor Statistik China ini secara tahunan mengalami perlambatan dari data bulan sebelumnya di 6,3 persen. Bahkan laju data ini merupakan hasil yang paling lambat terjadi sejak tahun 2002 lalu.

Data mengenai output sektor industri China itu juga jauh menurun dari prediksi sebelumnya yang berada di 6,0 persen. Sementara itu secara hitungan year of date , hasil sektor industri mengalami perlambatan yang cukup mengkhawatirkan ke sekitar 5,8 persen. Hasil ini semakin memperlihatkan dampak perang dagang yang cukup negatif terhadap ekonomi China. Secara perlahan perang itu mulai memangkas pertumbuhan China dari berbagai sektor termasuk sektor pabrik.

Dalam waktu yang bersamaan, Kantor Statistik China juga menyampaikan data mengenai penjualan eceran China selama bulan Juli. Data ini disampaikan dengan hasil kenaikan yang rendah mencapai 7,6 persen. Walaupun demikian data ini jauh berada di level yang rendah dari sebelumnya yang mencatat hasil di 9,8 persen. Padahal prediksi pasar sebelumnya melihat penjualan eceran akan berada di 8,6 persen dari sebelumnya.

Investasi Turun

Selain pada sektor pabrik, perlambatan akibat perang dagang juga terjadi pada Fixed Asset Investment yang mengalami kenaikan hanya 5,7 persen selama Juli. Kenaikan ini lebih rendah dari data sebelumnya di 5,6 persen dan lebih buruk dari harapan sebelumnya yang di 5,8 persen.

Secara luas pelemahan pada investasi ini diakibatkan oleh turunya investasi pihak swasta yang hanya naik 5,4 persen selama 6 bulan terakhir. Padahal tingkat investasi dari pihak swasta memegang peran penting mencapai 60 persen dari keseluruhan total investasi yang ada di China. Walaupun menurun akibat perang dagang, pemerintah China tidak pesimis untuk terus meningkatkan ekonomi.

Baca Juga:   Rosengren The Fed: Lemahnya Imbal Hasil Obligasi Asing Merugikan Hasil Jangka Panjang AS

 

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar