Perancis dan AS Sepakat Melakukan Pembicaraan Terkait Pajak Digital

Hubungan antara AS dengan Perancis sempat terancam memanas setelah Presiden Trump menyatakan rasa tidak suka terhadap penerapan pajak digital. Namun kemarin pada hari Senin, Presiden Perancis yaitu Macron mengungkapkan telah ada pembicaraan penting dengan Presiden Trump. Pembicaraan itu terkait masalah yang mengancam kerjasama AS dan Perancis di masa depan yaitu masalah pajak digital Perancis.

Dilansir dari Reuters pada hari Selasa (21/1), Macron bersama dengan Trump telah menyatakan kesepakatan untuk menerapkan tarif-tarif baru sampai akhir tahun 2020 ini. Dalam masa tersebut, Organisasi Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi atau (OECD) akan melakukan negosiasi terkait dengan pajak digital Perancis. Sehingga untuk menghindari risiko perang tarif pada masa-masa tersebut, kedua pemimpin negara sepakat menahan diri.

Pajak Digital

Sebelumnya sejak bulan Juli tahun 2019 kemarin, pemerintah Perancis memberlakukan tarif retribusi sampai 3% terhadap pendapatan yang diperoleh dari layanan digital. Terutama bagi layanan digital dari perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Perancis. Penerapan tarif itu untuk perusahaan dengan pendapatan di atas 25 juta Euro khusus di Perancis dan di atas 750 juta Euro di seluruh belahan dunia.

Mendengar adanya penerapan pajak digital Perancis, pemerintah AS langsung memberikan respon keras. Bahkan AS juga menyampaikan ancaman yang negatif jika pajak digital itu tidak dibicarakan kembali. Salah satu ancaman dari AS adalah akan menaikkan tarif bagi produk-produk Perancis yang masuk ke pasar AS.

Sementara itu pada hari Senin kemarin, Pemerintahan AS memberikan pernyataan bahwa dari pemimpin kedua negara yaitu Trump dan Macron telah mencapai kesepakatan mengenai pajak digital Perancis. Hasil yang baik sangat penting untuk bisa dicapai dalam pembicaraan tersebut karena akan menentukan hubungan kedua negara di masa depan.

 

 

Baca Juga:   Presiden Xi Jinping Menekan Penghambat Perdagangan Global Harus Dihilangkan

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar