Penjualan Eceran Lemah, AUDUSD Berhasil Konsolidasi Karena Pelemahan Dolar AS

Pasangan mata uang AUDUSD hari ini kembali mengalami penurunan dari level harga 0,6624 menuju ke 0,6610 saat sesi Asia. Penurunan terjadi akibat data penjualan eceran Australia yang lebih rendah dari harapan awal. Sehingga menggambarkan bahwa ancaman perlambatan pertumbuhan global akan benar-benar mengintai ekonomi Australia.

Data penjualan eceran Aussie dilaporkan mengalami penurunan 0,3 persen dari harapan awal di 0 persen pada bulan Januari. Sementara itu data pada bulan Desember dilaporkan mengalami penurunan 0,5 persen. Sebelum rilis data penjualan eceran, Australia juga merilis data mengenai tingkat Kinerja Layanan AiG Australia pada bulan Februari. Data itu dilaporkan dengan penurunan ke 47,00 dari sebelumnya di 47,40.

Dolar AS Melemah

Penurunan AUDUSD hari ini yang terbatas kemungkinan terjadi karena posisi Dolar AS yang sedang dalam bias penjualan. Mata uang AS itu mengalami pelemahan setelah meluas spekulasi dan prediksi bahwa bank sentral AS akan kembali memangkas suku bunga pada pertemuan 18 Maret mendatang. Sebelumnya Fed telah memangkas suku bunga pada hari Selasa kemarin sebagai keputusan kondisi darurat.

Pasar saham AS saat sesi Asia juga masih dalam posisi merah setelah semalam juga mencatatkan kinerja yang kurang baik. Sementara itu wakil Presiden yaitu Mike Pence mengungkapkan bahwa pemerintah belum memiliki alat uji virus. Wabah di AS juga terus meluas dan mengakibatkan sebanyak 2.733 warganya dikarantina untuk memastikan apakah terinfeksi virus atau tidak.

AUDUSD hari ini akan terus memantau perkembangan berita terkait virus Corona di beberapa negara khususnya Amerika Serikat. Sementara itu nanti malam pedagang juga akan fokus ke data Non Farm Payrolls yang diprediksi akan mengecewakan. Selain itu pengangguran AS juga tidak berubah di 3,6 persen dan penghasilan per jam turun kr 3 persen dari sebelumnya di 3,1 persen.

 

Baca Juga:   Analisa Forex GBPUSD, EURUSD, AUDUSD, USDJPY 22/07/2019

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar