Pengangguran AS Melonjak Tinggi Karena Aktivitas Ekonomi Terhenti Akibat Pandemi Corona

Kondisi ekonomi AS sedang dalam tekanan akibat wabah virus Corona yang terus memburuk di kawasan Amerika Serikat. Beberapa data ekonomi juga mulai menampilkan hasil yang mengecewakan akibat tekanan itu. Kemarin data klaim tunjangan pengangguran bahkan mengalami kenaikan menuju ke paling tinggi sepanjang masa. Pada hitungan terakhir per 21 Maret 2020, ada pengajuan tunjangan pengangguran sampai 3,28 juta orang.

Dilansir dari Reuters, peningkatan pengangguran terjadi karena adanya upaya dari pemerintah AS untuk menekan penyebaran virus Corona. Aktivitas ekonomi AS sudah mulai dibatasi dan memaksa dilakukannya pemberhentian bagi para pekerja. Dengan data pengangguran yang melonjak tinggi, maka menggambarkan bahwa virus Corona berdampak sangat buruk bagi perekonomian.

Dari penilaian itulah bank sentral AS mengambil langkah yang masih dan dilanjutkan juga oleh Kongres AS untuk meluncurkan stimulus super besar sampai $2 Triliun. Bahkan para ahli ekonomi memprediksi bahwa ekonomi AS akan masuk ke jurang resesi.

Dampak Dari Virus Corona

Data klaim pengangguran mengalami kenaikan sampai 3.001.000 menjadi sekitar 3.280.000. hasil ini lebih tinggi dari catatan sejarah tahun 1982 yang mencapai kenaikan 695.000. Kantor tenaga kerja AS mengklaim bahwa lonjakan ini terjadi akibat wabah virus Corona. 

Pasalnya sebanyak 18 negara bagian AS telah diperintahkan untuk tetap tinggal di rumah untuk mengurangi resiko terinfeksi virus Corona. Beberapa sektor bisnis yang kurang penting juga ditutup untuk mengurangi beban.

Kepala ahli ekonomi dari Moody’s Analytics mengatakan bahwa pekerjaan akan anjlok pada laporan bulan Maret. Sekitar seperlima dari keseluruhan tenaga kerja sedang dalam masa lockdown dengan beberapa bentuk. 

Ekonomi AS akan benar-benar tertekan dengan hilangnya pekerjaan para pekerja dalam beberapa minggu selanjutnya. Apalagi pekerja yang telah diberhentikan tidak bisa mengajukan tunjangan pengangguran karena pengajuan yang bersamaan.

 

Baca Juga:   IMF Peringatkan Ancaman Krisis Akan Lebih Buruk Dibandingkan Krisis 2008

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar