Penampilan Fed Dovish, Mengkonfirmasi Pemangkasan Suku Bunga AS

Pergerakan pada tiga indeks saham di AS sempat mendaki sangat tinggi dan mencapai puncak paling tinggi yang belum pernah dicapai sebelumnya. Bahkan salah satu indeks saham yaitu S&P 500 melonjak menembus level 3.000 yang mana titik ini belum pernah dicapai sebelumnya. Dalam sebuah pernyataan kemarin Rabu, Fed menyamaikan pesan dengan nada yang sangat dovish dan membuat minat beli di sekitar AS mengalami kemunduran tajam terutama pada pasar saham AS. Gubernur Fed yaitu Powell menyampaikan pidatonya yang membahas mengenai laporan kebijakan moneter AS dalam hitungan semi tahunan.

Rumor Suku Bunga AS

FMOC Fed

FMOC Fed

Sebelumnya juga sudah terlihat pada teks yang dirilis bahwa Fed memperlihatkan sebuah sikap dovish. Hasilnya akan ada pemotongan suku bunga AS yang secara luas sudah bisa dipastikan akan dilakukan pada pertemuan di bulan Juli ini. Di dalam teks tersebut, Powell memberikan pernyataan bahwa perlambatan ekonomi di AS terlihat dari tingkat investasi para pelaku usaha dalam beberapa waktu terakhir ini. Memang saat ini perekonomian AS sedang diliputi ketidakpastian yang cukup mengganggu pertumbuhan.

Sebelum rilis pernyataan pada Rabu malam yang dapat berdampak ke suku bunga AS, sudah cukup banyak anggota dari FOMC yang menilai pentingnya memberlakukan sebuah kebijakan moneter yang bersifat lebih akomodatif. Hal ini didasarkan pada kondisi perekonomian AS yang kurang begitu mendukung dengan kebijakan-kebijakan lainnya. Naiknya ketidakpastian atas gejolak konflik dagang antara AS dengan China dan kekhawatiran pasar mengenai perlambatan ekonomi global telah membebani pertumbuhan ekonomi AS. Kondisi ini tergambarkan dengan data-data AS yang diriis dan beberapa perkembangan lainnya.

Bahkan sebelum rilis pernyataan Fed semalam banyak pelaku pasar dan investor yang menilai bahwa Powell akan menyampaikan pernyataan yang tidak dovish sama sekali. Harapan ini ada setelah data mengenai tenaga kerja AS kemarin yang sangat optimis memangkas harapan penurunan suku bunga AS.

Baca Juga:   Trump Meminta Kepada Fed Agar Suku Bunga AS Negatif, Apa Saja Kelebihannya?

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar