Pemerintah AS Mencabut Status Istimewa Hong Kong Setelah China Tetap Pada UU Keamanan

Terhitung mulai pada hari Senin kemarin (29/6), pemerintah AS secara resmi menghapus status istimewa yang dipegang oleh Hong Kong selama ini. Pencabutan status itu didasarkan pada UU AS yang diberlakukan pada hari Senin. Sehingga dengan ini telah menghentikan ekspor pertahanan dan membatasi akses wilayah itu terhadap produk teknologi. Kisruh Hong Kong baru-baru ini memanas setelah China memberlakukan UU Keamanan Nasional Hong Kong.

Dilansir dari Reuters, pemberlakukan UU AS terhadap Hong Kong terjadi bersamaan dengan langkah parlemen China yang membatas UU Keamanan wilayah tersebut. UU itu pada akhirnya akan digunakan oleh China untuk menghapuskan perbedaan pendapat dan juga meningkatkan kontrol China atas wilayah Hong Kong. Dari sinilah kedua negara AS dan China terlibat kisruh Hong Kong yang mengkhawatirkan dunia internasional.

Mengakhiri Kegiatan Ekspor Khusus

Mike Pompeo mengatakan mulai Senin kemarin, pemerintah AS mengakhiri kegiatan ekspor untuk alat pertahanan menuju ke Hong Kong. Selanjutnya pemerintah juga akan mengakhiri kegiatan ekspor teknologi penggunaan ganda menuju ke kawasan tersebut. Perlu diketahui bahwa teknologi penggunaan ganda dimanfaatkan untuk komersial dan juga militer.

Pompeo juga mengatakan AS terpaksa mengambil langkah untuk bisa melindungi keamanan AS. Dia juga mengatakan bahwa pemerintah sudah tidak bisa lagi memisahkan pada produk ekspor yang akan menuju ke Hong Kong dan mana yang akan menuju ke daratan China.

Keputusan yang diambil pemerintah AS terjadi ketika hubungan AS-China sedang memanas masalah kisruh Hong Kong. Bahkan karena masalah tersebut, kesepakatan dagang antara kedua negara sempat terancam diakhiri. Walaupun pada akhirnya sebelum keputusan AS itu, hubungan kedua negara masih adem dan belum ada pembaruan berita lainnya. Tapi para investor akan tetap berhati-hati karena hubungan AS-China belum ada titik yang sangat terang.

 

 

Baca Juga:   Ketegangan AS-China Di Selat Taiwan Semakin Meningkat

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar