Pekan Penting Akan Menentukan Arah Harga Emas Di Masa Depan

Permintaan logam mulia mengalami penurunan yang berdampak ke posisi harga emas global yang merosot di hari Senin ini (13/1). Pekan ini menjadi pekan yang cukup berat bagi logam mulia karena saat sesi Eropa, emas berada di level harga 1.553 atau kehilangan kenaikan sebesar 0,58 persen.

Fokus Ke Perdagangan

Acara utama pada pekan ini akan menjadi katalis penggerak bagi logam mulia di pasar global. Pada 15 Januari mendatang, dijadwalkan AS dan China akan menandatangani kesepakatan dagang tahap awal. Berita itu juga sudah dikonfirmasi oleh kedua negara pada pekan lalu. Menteri Pertanian China, Gao Feng mengatakan bahwa wakil PM China, Liu He akan menjadi ketua delegasi China untuk menghadiri undangan dari AS.

Dengan adanya kesepakatan dagang itu, maka diharapkan akan mengurangi konflik dagang yang terjadi antara AS dengan China yang berlangsung hampir 2 tahun. Harapan yang paling utama adalah ekonomi global akan mengalami pemulihan. Pasalnya perang dagang telah membuat permintaan merosot dan berdampak ke ekonomi global yang mengalami perlambatan.

Tapi tentunya optimisme ini akan membuat harga emas merosot. Karena sebagian besar para pelaku pasar dan investor akan mengalihkan investasi mereka ke aset berisiko yang lebih menguntungkan. Sehingga aset penghindaran risiko seperti logam mulia akan ditinggalkan.

Namun itu semua belum bisa dijadikan patokan dalam memandang harga emas di masa depan. Karena pada akhir tahun 2019 kemarin, di tengah permintaan aset berisiko melonjak seperti saham AS, logam mulia justru ikut melonjak cukup tinggi. Seharusnya dengan adanya kenaikan Wall Street, maka emas akan mengalami penurunan.

Fokus para pedagang emas selanjutnya tertuju ke rilis data dari AS mengenai tingkat inflasi. Jika data inflasi turut memburuk senada dengan data ketenagakerjaan, maka emas mungkin akan mampu memulihkan diri karena Dolar AS yang melemah.

 

 

Baca Juga:   Saham Asia Bergerak Mundur Walau Perdagangan Cukup Optimis

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar