PDB Australia Merosot, Mengkonfirmasi Pernyataan Kebijakan RBA, AUDUSD Anjlok

Pasangan mata uang AUDUSD mengalami penurunan yang cukup cepat mencapai 10 pip saat sesi Asia berlangsung di hari Rabu ini (4/12). Pelemahan AUD disebabkan oleh rilis data ekonomi mengenai PDB Australia yang mengecewakan pasar. Pasca rilis data, pasangan menuju ke level paling rendah dalam sesi di 0,6838.

Tingkat pertumbuhan Produk Domestik Bruto/PDB dilaporkan dengan hasil menuju ke 0,4 persen dalam kuartal ke kuartal di bulan September. Data tersebut lebih lemah dari laporan sebelumnya di 0,5 persen. Untuk PDB Australia dalam hitungan tahunan melonjak menuju ke 1,7 persen dari sebelumnya di 1,4 persen. Hasil tahunan telah sesuai dengan apa yang diharapkan pasar sebelumnya.

Sementara itu untuk data mengenai pengeluaran untuk konsumsi akhir mengalami kenaikan tipis 0,3 persen dalam kuartal. Lebih rendah dari hitungan kuartal sebelumnya yang naik 1 persen. Hasil PDB Australia dan data ekonomi lain yang buruk ini semakin mengkonfirmasi pernyataan dari RBA bahwa akan ada stimulus tambahan pada tahun 2020 mendatang.

Stimulus akan diberlakukan bertahap dengan tujuan menurunkan pengangguran, mendorong upah, menumbuhkan pendapatan rumah tangga dan juga mendorong inflasi agar lebih tinggi sesuai target. Dengan hasil data di bawah harapan maka otomatis membuat Dolar Australia tertekan melawan USD. Pasangan juga terbebani oleh kesepakatan dagang AS-China yang masih penuh ketidakpastian.

Tadi malam Presiden Trump mengatakan bahwa bisa saja menunda kesepakatan dagang AS-China sampai pasca pemilihan Presiden AS tahun 2020 mendatang. Setelah komentar tersebut, selera risiko langsung meredup. Bisa terlihat pada perdagangan ekuitas AS yang anjlok seperti DJIA yang kehilangan 1 persen.  Sementara itu AUDUSD pasca PDB merosot menuju ke level harga 0,6840 dengan penurunan yang cukup signifikan saat sesi Asia berlangsung.

 

Baca Juga:   Keinginan Negara-negara Dunia Untuk Mulai Meninggalkan Transaksi dengan Dolar AS

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar