Pasca RBA, AUDJPY Merosot Bergabung Dengan Tekanan Lain

Pergerakan pada mata uang Dolar Australia hari ini kembali mengalami pelemahan yang lebih dalam melawan Yen Jepang. Pasangan AUDJPY anjlok karena beberapa saat yang lalu RBA memberikan pernyataan tiga bulanan dengan nada yang sangat mengecewakan atau dovish. Dengan ini maka pasangan AUDJPY merosot menuju ke nilai tukar 76,17 yang merupakan titik paling rendah harian.

Sebelumnya AUDJPY berusaha terus untuk mempertahankan bias positif yang dicapai pada hari Kamis kemarin menuju ke titik paling tinggi 12 hari terakhir. Beberapa masalah tampaknya telah menyebabkan Dolar Australia hari ini turun selain komentar dovish RBA.

Beban Bagi Dolar Australia

Dari Amerika Serikat, para pembuat kebijakan AS pada akhirnya telah gagal untuk membuat kemajuan yang berarti apa rencana stimulus ekonomi AS lanjutan. Apalagi saat ini AS juga kembali terlibat perselisihan dengan Kanada setelah menaikkan tarif aluminium. Mungkin masalah ini yang telah menyebabkan Yen Jepang berkuasa selama sesi Asia.

Dari Australia, sebesar $15,6 Miliar yang menjadi dana pemulihan akan dialokasikan sebesar $13,00 Miliar untuk kawasan Victoria yang saat ini mengalami kenaikan kasus paling besar. Bendahara negara yaitu Josh Frydenberg memberikan pengumuman mengenai program itu. Dengan itu semua maka dana yang keluar mencapai $101 Miliar dan menjadi dana paling besar untuk program yang didanai oleh pemerintah Australia.

Kemudian penyebab Dolar Australia hari ini anjlok adalah komentar RBA yang bernada sangat negatif. RBA mengatakan pemulihan ekonomi mungkin akan tetap lambat. Kemudian dalam kurun waktu enam bulan kedepan diprediksi angka pengangguran bisa melesat sampai 10%.

Fokus pergerakan pasangan mata uang AUDJPY selanjutnya akan tertuju ke banyak masalah globa. Seperti masalah berita virus Corona, konflik AS-China, konflik AS-Kanada terbaru dan juga perkembangan kondisi ekonomi global.

 

Baca Juga:   GBPUSD Hari Ini Turun Kembali Karena Nada Risk Off Menguntungkan Dolar AS

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar