Pasca NFP AS, AUDUSD Terus Menurun, Kabar Perdagangan Sedikit Mendukung Dolar Australia

Pasangan mata uang AUDUSD terlihat mengalami penurunan ketika para pedagang belum masuk ke pasar sepenuhnya di sesi Asia hari Senin (9/12). Dolar Australia tidak mampu menahan penguatan Dolar AS setelah rilis data ketenagakerjaan AS yang melonjak pada hari Jumat kemarin. Sebelum data disampaikan pasangan sempat melonjak ke 0,6857 dan kemudian setelah data merosot menuju ke 0,6824. Awal pekan ini pasangan diperdagangan di kisaran level 0,6828-0,6838.

Data dari AS dilaporkan dengan Nonfarm Payrolls yang melonjak dengan penambahan 266K selama bulan November. Hasil itu lebih tinggi dari prediksi sebelumnya dengan selisih sekitar 86K dan lebih tinggi dari laporan data sebelumnya.

Sementara itu data ketenagakerjaan lain seperti pengangguran mengalami penurunan menuju ke 3,5 persen dari sebelumnya di 3,6 persen. Pekerja paruh waktu turun menuju ke 6,9 persen dari 7,0 persen dan untuk penghasilan dalam jam melonjak 0,2 persen selama bulan ini dan 3,1 persen dalam tahun ke tahun. Pasca rilis data, Dolar Australia langsung ditekan oleh Dolar AS yang juga didukung oleh kenaikan imbal hasil obligasi AS.

Kabar Perdagangan AS-China

Sementara itu dari tempat lain, Dolar Australia mendapatkan dorongan positif dari kabar perdagangan AS-China. Pusat Berita Xinhua menyampaikan bahwa saat ini Dewan Negara China telah memproses bebas tarif bagi beberapa produk asal AS seperti kedelai dan juga daging babi. Beijing juga mengatakan saat ini kesepakatan dagang tahap awal telah sesuai dengan harapan.

Namun sayangnya tingkat surplus perdagangan China mengalami penurunan menuju ke $38,73 Miliar selama bulan November. Hal itu terjadi ketika tingkat ekspor China sedang mengalami penurunan yang cukup tajam. Sementara itu data lain mengatakan bahwa neraca dagang China menuju ke 274 Miliar Yuan dari harapan awal di 300 Miliar Yuan.

Baca Juga:   Reli Pound Terbentur Ketidakpastian Brexit

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar