NZDUSD Turun Setelah Ekuitas Negatif Sejak Tadi Malam

Permintaan mata uang Dolar AS sejak tadi malam mengalami penguatan dan membawa lawan-lawannya melemah. Dampaknya pasangan NZDUSD hari ini mencatatkan penurunan yang lebih dalam sesi awal Asia di hari Jumat ini (10/7). Salah satu faktor yang menyebabkan penguatan Dolar AS adalah karena pasar ekuitas global yang mengalami pelemahan signifikan.

Saat ini pasangan NZDUSD hari ini mencatatkan penurunan di dekat level teknikal SMA 200 dalam jam. Sebelumnya pasang sudah mencetak level yang paling rendah dalam pergerakan harian di sekitar 0,6546. Jika level teknikal SMA 200 dalam jam itu mampu ditembus tanpa ada masalah, maka ada peluang pasangan bisa kembali turun lebih dalam. Level teknikal SMA 200 jam berada di 0,6517.

Aliran Risk Off Mendominasi

Pergerakan saham AS mencatatkan penurunan pada hari Kamis malam setelah kekhawatiran pandemi meningkat lagi. Banyak investor yang takut bahwa pandemi gelombang kedua akan menghancurkan harapan pemulihan ekonomi secara tajam. Sehingga berdampak pada pelemahan NZDUSD hari ini karena dominasi Dolar AS yang kembali.

Sementara itu dr. Anthony Fauci mengatakan negara-negara bagian AS seperti Florida, Texas dan California harus menerapkan kebijakan yang keras. Contohnya adalah dengan menghentikan sementara langkah pelonggaran lockdown yang diberlakukan sebelumnya. Bisa dengan kembali menerapkan lockdown untuk menekan persebaran pandemi gelombang kedua tersebut.

Sinyal yang mengkonfirmasi nada risk off hari Jumat ini adalah adanya penurunan pada saham Asia. Walaupun kontrak berjangka S&P 500 masih belum mengambil sikap apapun saat sesi awal Asia. Tapi jika risk off terus bertahan di pasar global maka bisa membawa NZDUSD hari ini turun kembali menjadi lebih dalam. Mengingat antara faktor optimis dan pesimis masih terus bertarung memperebutkan dominasi.

 

Baca Juga:   Dolar Pulih Setelah Jatuh Semalam, Investor Mengawasi Keputusan BoE

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar