NZDUSD Bergerak Dalam Ruang Sempit, Menunggu Ekspektasi Inflasi RBNZ

Pasangan mata uang NZDUSD hari ini tampak berkonsolidasi di sekitar nilai tukar 0,664 dan tepat berada di bawah teknikal SMA 200 dalam jam. Sementara itu sebelumnya pasangan juga sempat mencetak level harga yang jauh lebih tinggi pada hari Rabu kemarin menuju ke 0,6674. Kemudian pada 31 Juli sebelumnya pasangan juga mencapai puncak tertinggi dalam bulanan di 0,6716. Tapi pada akhirnya sejak 3 Agustus kemarin pasangan mulai kehilangan dorongan bullish.

Fokus Ke Ekspektasi Inflasi RBNZ

Untuk pergerakan di hari Kamis ini (6/8) pasangan NZDUSD hari ini akan mulai fokus ke data mengenai ekspektasi inflasi yang akan disampaikan oleh bank sentral New Zealand. Ekspektasi inflasi akan melakukan pengukuran pada ekspektasi manajer bisnis melawan IHK tahunan dalam dua tahun dari saat ini.

Jika ada kenaikan pada ekspektasi dinilai sebagai kenaikan inflasi. Dampaknya bisa memberikan tekanan tambahan kepada bank sentral untuk mengambil langkah yang maju dan optimis. Sehingga jika memang ekspektasi inflasi dari RBNZ nanti siang lebih tinggi, maka bisa membantu Dolar New Zealand untuk melonjak lebih tinggi lagi.

Untuk Q2 2020, ekspektasi inflasi berada di 1,24%. Kemudian jika pada Q3 2020 tetap berada di bawah sasaran RBNZ yaitu antara 1% sampai -3%, maka harapan stimulus ekonomi dari RBNZ juga akan terus meningkat. Karena akan ada upaya untuk bisa mendorong tingkat inflasi. Dampaknya NZDUSD hari ini bisa mencetak penurunan.

Terlepas dari data yang akan disampaikan dalam waktu dekat itu, pasangan NZDUSD hari ini juga akan mengambil nada dari perselisihan antara AS dan China. Kemudian pergerakan di sekitar pasar ekuitas bagaimanapun akan mampu mempengaruhi pergerakan Kiwi. Selain itu upaya para pembuat kebijakan AS pada masalah stimulus lanjutan juga akan menjadi katalis penggerak.

 

Baca Juga:   Dolar Melemah Karena Prospek Kesepakatan Perdagangan Meningkatkan Resiko

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar