Negosiasi Perang Dagang AS-China Dimulai Kembali, Belum Ada Rincian Lanjutan

Saat ini dilaporkan bahwa tim negosiasi dari Amerika dan juga dari China sedang melakukan pembicaraan melalui telepon di hari Selasa kemarin. Pembicaraan tersebut mungkin akan berkaitan dengan masa depan hubungan dagang antara dua negara dengan ekonomi terbesar di dunia itu. Kabar terakhir menyebutkan Trump dan Xi telah sepakat untuk melakukan gencatan senjata atas perang dagang AS-China.

Pembicaraan antar tim negosiasi kedua lebih pihak tersebut sudah dilangsungkan sejak lebih dari sepekan setelah kedua pihak juga telah sepakatan melakukan gencatan senjata. Berdasarkan berita dari AFP mengatakan bahwa negosiasi perdagangan antara AS dengan China sebelumnya telah berhenti pada bulan Mei. Penyebab utamanya adalah adanya tuduhan dari Amerika Serikat terhadap China bahwa telah pelanggaran komitmen untuk mengakhiri polemik perang dagang AS-China. Kondisi tersebut diperburuk oleh kedua belah pihak setelah saling menaikkan tarif impor yang membuat pasar global khawatir.

Pada akhirnya dikesempatan pertemuan KTT G20, kedua pemimpin negara ini yaitu Trump dan Xi telah sepakat untuk melakukan gencatan senjata atas perang dagang AS-China pada 29 Juni kemarin. Sementara itu berdasarkan penasihat ekonomi gedung putih yaitu Larry Kudlow mengatakan bahwa negosiasi yang dilakukan saat ini berjalan dengan cukup konstruktif dan tentunya masih terlalu dini jika membicarakan mengenai rincian negosiasinya.

Kudlow pada kesempatan lain juga mengatakan bahwa pembicaraan ini merupakan langkah awal dari negosiasi kedua negara ini. Untuk pembicaraan lanjutan yang bersifat resmi belum bisa dilaksanakan. Trump sendiri juga telah setuju membatalkan kenaikan tarif atas barang-barang dari China.

Pembatalan tarif ini akan membuka kesempatan untuk produk AS masuk ke pasar China seperti penjualan kepada Huawei. Kudlow juga mengatakan menaruh harapan agar China membeli produk-produk pertanian dari AS.

Baca Juga:   Dolar AS Melemah Imbas Perang Tarif AS-China

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar