Menunggu Kabar Terbaru AS-Iran, USDJPY Pulih Dari Terendah Menunggu Data ADP Ketenagakerjaan AS

Perdagangan di sekitar pasangan mata uang USDJPY hari ini terpantau mulai mengalami pemulihan setelah sebelumnya merosot cukup tajam. Saat ini pasangan sedang bergerak stabil di sekitar level harga 108,50 saat pertengahan sesi Eropa berlangsung di hari Rabu (8/1). Sebelumnya memang Yen Jepang mendominasi pasangan dan menyeret untuk turun menuju ke level paling rendah dalam tiga bulan terakhir di level harga 107,64.

Penghindaran risiko yang sangat kuat membuat Yen menjadi salah satu mata uang paling dicari oleh para pelaku pasar dan investor tadi pagi. Namun sayangnya saat ini gelombang sentimen risiko mulai menguat kembali. Kondisi ini membuat USDJPY hari ini mulai melonjak menuju ke puncak dalam harian di level harga 108,76. Kenaikan ini mewakili pertambahan sekitar 0,2 persen dari penutupan hari sebelumnya.

Pemulihan selera risiko pasar terpantau dengan adanya kenaikan pada imbal hasil obligasi Treasury pemerintah AS dalam tenor 10 tahun ke 1,8 persen. Salah satu alasan utama pemulihan risiko ini adalah tidak adanya kabar pembaruan dari konflik AS dan Iran setelah serangan yang dilancarkan oleh Iran tadi. Kondisi ini bisa dimanfaatkan untuk pedagang memposisikan diri dengan baik sambil menunggu kabar pembaruan terutama pernyataan dari Presiden Trump.

Sampai saat ini dinamika hubungan kedua negara masih berisiko meningkat atau justru terus mereda. Sehingga selera risiko pasar masih akan terus menjadi permainan utama di sekitar mata uang USDJPY hari ini. Pasangan sekarang juga mendapatkan dukungan dengan kenaikan pada greenback selain pelemahan Yen secara luas.

Selanjutnya USDJPY hari ini akan lebih fokus ke rilis data ekonomi dari AS. Nanti malam AS akan merilis data mengenai ADP ketenagakerjaan swasta yang akan diperhatikan dengan seksama oleh pedagang. Kemudian Jumat mendatang data NFP akan menjadi katalis penggerak yang ditunggu.

 

Baca Juga:   Saham Asia Melonjak Ringan Karena Optimisme Perdagangan

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar