Menembus Konsolidasi, Emas Naik Karena Masalah Global yang Memicu Risk Off

Harga emas hari ini kembali mengalami kenaikan untuk memperpanjang kebangkitan dari level paling rendah di 1,717. Sejak hari Kamis kemarin, logam mulia terus memperkuat pergerakan dan naik di atas level harga 1.730 saat sesi Eropa hari Jumat ini (22/5). Meskipun sebelumnya saat sesi Asia berlangsung emas sempat berkonsolidasi singkat.

Risk Off Kembali Mendominasi

Lonjakan emas hari ini terjadi ketika ada nada penghindaran risiko yang sangat kuat ketika menjelang sesi Eropa sampai sesi Eropa berlangsung. Salah satu faktor yang melatarbelakangi aksi ini adalah ketegangan dua raksasa ekonomi AS-China yang terus meningkat. China memutuskan untuk mengambil langkah untuk Hong Kong dengan memberlakukan UU Keamanan Nasional. Senat AS menolak tegas dan akan mengkaji ulang hubungan AS-China jika itu dilakukan.

Jika kedua negara terus terlibat dalam masalah yang semakin memanas, maka bisa saja perang putaran baru akan berlangsung. Sehingga membuat akhir-akhir ini para investor memindahkan aset menuju ke safe haven seperti logam mulia. Apalagi beberapa optimisme mengenai obat virus Corona yang disampaikan awal pekan mengalami keruntuhan total. Setelah banyak ahli yang meragukan data yang disampaikan oleh Moderna AS.

Selain itu banyak juga yang merasa khawatir dengan virus Corona gelombang kedua jika ekonomi benar-benar dibuka. Terlebih Presiden Trump sempat mengatakan tidak akan menutup ekonomi meski ada serangan gelombang kedua. Hal ini membuat banyak pihak merasa khawatir.

Pergerakan emas hari ini akan terus fokus ke dinamika sentimen risiko global yang akan terus diperbarui. Sehingga berita terkait dengan hubungan terbaru antara AS dan China akan terus menjadi fokus para investor. Selain itu tidak lupa berita virus Corona juga akan terus diawasi karena bagaimanapun juga berita itu menentukan masa depan ekonomi global.

 

Baca Juga:   Analisa Emas, Minyak dan Perak Harian 05 March 2020

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar