Lira Turki Menguat Terhadap USD Setelah Keputusan Bank Sentral Turki Terbaru

Mata uang Lira Turki hari ini terlihat telah mengambil langkah pergerakan menuju ke posisi yang baru. Pergerakan ini telah menyebabkan pasangan mata uang USDTRY merosot menuju ke titik paling rendah terbaru dalam tahunan. Level rendah ini berada di sekitar level harga 5,67.

Permintaan pada mata uang Lira Turki mengalami lonjakan cukup tajam setelah adanya keputusan terbaru dari bank sentral Turki. Lonjakan TRY bahkan mencapai sekitar 1 persen sepanjang hari ini terhadap USD. Bank sentral Turki memutuskan untuk melakukan pemangkasan One-Week Repo Rate sekitar 325 basis poin.

Dengan keputusan pemangkasan yang dilakukan oleh bank sentral Turki ini maka otomatis menuju ke level 16,50 persen dari sebelumnya di 19,75 persen. Sementara itu pemangkasan suku bunga yang dilakukan bank sentral ternyata lebih besar dari apa yang diprediksi pasar sebelumnya. Sehingga membuat antisipasi yang dilakukan pasar sebelumnya sedikit meleset.

Keputusan lain yang dilakukan oleh bank sentral Turki adalah pemangkasan tingkat Overnight Borrowing Rate menuju ke 15,00 persen dari sebelumnya di 18,25 persen. Sementara itu untuk tingkat Overnight Lending Rate juga dipangkas menuju ke 18,00 persen dari sebelumnya berada di 21,25 persen.

Kebijakan Bank Sentral Turki

Gubernur dari bank sentral Turki yang baru yaitu M. Uysal telah melakukan pemangkasan suku bunga Turki sebanyak dua kali berturut-turut. M. Uysal adalah Gubernur bank sentral yang baru dan dipilih oleh Presiden Recep Tayyip Erdogan. Pasalnya Gubernur sebelumnya diberhentikan karena dinilai tidak bisa membawa ekonomi Turki menjadi lebih baik.

Pemangkasan yang dilakukan oleh M.Uysal dilakukan setelah diangkat menjadi Gubernur dan sebelum melakukan pertemuan dengan Presiden Erdogan. Bank sentral mengatakan bahwa dengan kondisi kebijakan ekonomi yang cukup ketat, maka akan membantu menurunkan inflasi serta membantu pemulihan ekonomi dan juga mata uang Lira Turki.

Baca Juga:   Dolar AS Menguat Setelah Perubahan Suasana Pasar

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar