Konflik AS dan Iran Akan Menghiasi Perdagangan Global Tahun 2020

Sepanjang tahun 2019 kemarin, suasana pasar diliputi perang dagang yang terjadi antara dua raksasa ekonomi global yaitu Amerika Serikat dan China. Memasuki tahun 2020 ini, kemungkinan suasana pasar akan kembali diliputi oleh ketegangan yaitu konflik AS dan Iran.

Direktur dari Alavan Business Advisory, Alastair Newton mengungkapkan bahwa masalah AS dengan Iran akan menjadi perhatian utama para pelaku pasar dan investor pada tahun 2020, dibandingkan dengan perang dagang AS dan China. Alastair memprediksi bahwa mungkin akan ada banyak pembalasan yang akan dilancarkan oleh Iran terhadap AS pada tahun ini. Sebelumnya Iran sudah melakukan balasan atas kemarin Jenderal Soleimani.

Tapi Alastair tidak mengatakan lebih jelas dalam bentuk apa balasan yang akan dilakukan oleh Iran sehingga konflik AS dan Iran akan terus panas. Sementara itu beberapa ahli lainnya menyampaikan bahwa beberapa waktu kedepan, mungkin akan ada serangan dari kelompok yang merupakan proksi Iran dari lokasi lain dan juga serangan cyber.

Dari Buruk Jadi Lebih Buruk

Dia menambahkan konflik AS dan Iran merupakan hubungan negara yang sudah buruk dan saat ini menjadi lebih buruk lagi. Bahkan sampai saat ini tidak ada tanda bahwa kedua negara akan melakukan upaya diplomasi untuk menghentikan konflik. Hal itu didasarkan pada pernyataan Presiden Trump bahwa dia tidak memperdulikan walaupun Iran telah setuju melakukan pembicaraan.

Tapi perlu dicatat juga bahwa Teheran tidak ingin melakukan upaya negosiasi dengan AS. Alastair mengatakan bahwa Iran tidak akan melakukan pembicaraan dan berharap Trump akan kalah dalam pemilihan Presiden AS mendatang.

Beberapa masalah saat ini juga sedang menerpa pemerintahan Iran. Pasalnya telah ada pecah pendapat dari warga negara Iran setelah militer Iran mengaku salah melakukan penembakan. Gelombang protes terus berdatangan karena kesalahan langkah tersebut. Namun hal itu tidak mengubah Iran sebagai ancaman di kawasan Timur Tengah.

 

 

Baca Juga:   Klaim Pengangguran AS Melonjak Akibat Virus Corona yang Memukul Perekonomian

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar