Ketua Fed : Ekonomi China Dan Eropa Telah Melambat Secara Substansial

Melemahnya ekonomi Tiongkok dan Eropa bertindak sebagai pencegah terhadap pertumbuhan A.S., Ketua Federal Reserve Jerome Powell mengatakan Rabu.

Berbicara tepat setelah bank sentral memutuskan untuk mempertahankan garis suku bunga minggu ini dan kemungkinan mempertahankan sikap itu sepanjang tahun, Powell mengatakan bahwa gambaran domestik yang kuat semakin menguat dari luar negeri.

Perlambatan Ekonomi Eropa Lebih Parah Daripada China

Powell dalam menanggapi pertanyaan dari CNBC Steve Liesman mengatakan :

“Sekarang kita melihat situasi di mana ekonomi Eropa telah melambat secara substansial dan demikian pula ekonomi China. Meskipun begitu, ekonomi Eropa telah melambat lebih besar dari China”.

“Sama seperti pertumbuhan global yang kuat, pertumbuhan global yang lebih lemah dapat menjadi angin sakal bagi ekonomi kita”, tegasnya.

The Fed mengurangi prospek untuk PDB menjadi 2.1 persen pada 2019 dari perkiraan 2.3 persen pada Desember.

Perkiraan yang berkurang itu datang ketika pembuat kebijakan Komite Pasar Terbuka Federal memilih untuk mempertahankan suku bunga dana federal dalam kisaran antara 2.25 persen dan 2.5 persen.

AS Masih Dalam Kondisi Ekonomi “Baik”

Dalam pernyataan pasca-pertemuannya, komite itu menyebut pasar tenaga kerja masih “kuat” tetapi mengatakan “pertumbuhan kegiatan ekonomi telah melambat”. Pernyataan itu merupakan kepabilan dari Januari ketika FOMC mengatakan aktivitas “telah meningkat pada tingkat yang solid.”

Powell mengatakan para anggota Fed terus melihat gambaran dasar di AS masih dalam kondisi terkontrol dan baik. Ini karena adanya pasar tenaga kerja yang menarik, pendapatan yang terus meningkat, dan angka pengangguran yang rendah.

“Prospek kami positif. Peserta FOMC terus melihat pertumbuhan tahun ini sekitar 2 persen, sedikit di bawah apa yang kami lihat di akhir tahun lalu,” katanya.

“Sebagian dari itu adalah melihat bahwa fundamental ekonomi yang mendasarinya masih sangat kuat. Kita memiliki pasar tenaga kerja yang kuat dengan sebagian besar tindakan, memiliki pendapatan yang meningkat, serta memiliki pengangguran yang sangat rendah”.

Meskipun begitu, Powell mengatakan bahwa pihaknya tidak boleh kehilangan tujuan dan semangat untuk tetap menentukan keputusan terbaik bagi ekonomi AS.

Baca Juga:   Kesepakatan Perdagangan As-China Mungkin Terjadi Pada Jumat Depan

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar