Ketidakpastian Sekitar Amerika Latin Membebani Peso dan Saham

Perdagangan di kawasan Amerika Latin pada hari Senin kemarin saat awal pekan perdagangan dimulai dengan kondisi yang cukup aktif. Aset-aset yang ada di sekiitar Brasil mengalami pelemahan yang disebabkan oleh kekhawatiran pada kondisi perekonomian. Pasar sendiri sebelumnya optimis mengenai reformasi pensiun dan karena kekhawatiran tersebut optimisme langsung runtuh. Mata uang Peso Argentina juga mengalami pelemahan yang mengkhawatirkan.

Pada indeks Sao Paulo terlihat masih stagnan dan pada real Brasil mengalami pelemahan 0,3 persen. Para ahli ekonomi telah melakukan pemangkasan ekspektasi mengenai pertumbuhan pada tahun 2020 mendatang terhadap negara dengan ekonomi paling besar di Amerika Latin tersebut. Ahli ekonom memangkas harapan pertumbuhan menuju ke titik paling rendah tebaru walaupun pada Kongres Brasil telah menghasilkan langkah-langkah baru untuk reformasi pensiun. Jika hal tersebut berhasil maka akan meningkatkan kekuatan sentimen dan juga pada sektor akivitas bisnis Brasil.

Diskusi RUU Reformasi Pensiun

Pembicaraan dua sisi mengenai perubahan Rancangan Undang-Undang tentang Reformasi Pensiun terus dilakukan guna mengembalikan arah ekonomi Brasil sesuai jalur. Saat ini telah disetujui untuk pembatalan pemungutan suara pada putaran kedua sampai dengan bulan Agustus mendatang.

Analis Reuters menyampaikan peningkatan secara bertahap pada aktivitas bisa disaksikan dari 19H2 sampai seterusnya ketika keadaan finansial mengalami pelonggaran dan juga pada sentimen perekonomian lebih positif. Terjadinya ketidakpastian perpolitikan dalam rencana melakukan reformasi di Brasil nantinya telah memberikan beban tersendiri pada prospek perekonomian Brasil sebagai ekonomi terbesar di kawasan Amerika Latin.

Saham-saham di kawasan Meksiko dan Peso mengalami kenaikan sementara untuk mata uang Chili sendiri naik karena pengaruh harga tembaga sebagai komoditas ekspor utamanya. Lalu untuk saham dan peson di kawasan Argentina mengalami pelemahan jika dibandingkan dengan rekannya karena prospek ekonomi yang diubah oleh Moody menjadi lebih negatif.

Baca Juga:   Bouncing Euro Melambat Akibat Peralihan Fokus Ekonomi

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar