Ketegangan Perang Dagang Mereda, Kesepakatan AS-China Kembali Bersuara

Kabar terbaru dari perdagangan global mengatakan bahwa Kantor Perwakilan Dagang di AS menyatakan akan melakukan penghapusan pada beberapa daftar produk yang akan dikenakan tarif tambahan sebesar 10 persen pada awal bulan September. Keputusan yang membuat perdagangan global kembali optimis ini menurut mereka demi alasan kesehatan, keamanan nasional, keselamatan dan faktor lainnya.

Penjelasan lebih lanjut bahwa pemberlakukan tarif tambahan atas barang China sebesar 10 persen itu akan ditunda. Pada rencana awal pemberlakukan tarif tersebut akan dimulai 1 September, namun kemarin Presiden Trump mengumumkan menunda pemberlakukan sampai dengan 15 Desember mendatang. Beberapa produk yang ditunda pemberlakukan tarif perang dagang adalah seperti telepon seluler, konsol video game, laptop dan juga monitor untuk komputer.

Seperti yang sudah diberitakan sebelumnya pada awal bulan Agustus kemarin, Presiden AS Trump mengumumkan akan memberlakukan tarif 10 persen atas barang China yang membuat perang dagang memanas. Sejatinya kebijakan ini akan mulai berlaku pada 1 September namun dengan perubahan ini maka perdagangan global kembali bernafas nyaman.

Langkah Baik Untuk Perdagangan Global

Bahkan perang dagang terancam semakin memanas karena Presiden Trump memberikan pendapat bahwa tarif sebesar 10 persen bisa saja akan naik sampai 25 persen. Pernyataan penundaan tarif tambahan ini disampaikan oleh Presiden Trump melalui akun pribadinya. Setelah kabar ini didengar pasar, perdagangan seputar aset-aset berisiko kembali diminati pasar. Bahkan pasar juga mulai meninggalkan aset safe haven sepeti emas, franc swiss dan juga Yen jepang.

Dengan kabar mengenai niat baik pemerintah AS ini, pasar menaruh harapan bahwa China juga akan memberikan langkah-langkah yang saling menguntungkan. Pasalnya kesepakatan kedua negara sebelumnya hampir menjadi sesuatu yang mustahil setelah keduanya saling sedang dalam perang dagang. Pembicaraan kedua negara akan dimulai kembali pada awal bulan September mendatang.

Baca Juga:   The Fed “Belum Selesai” Dengan Kenaikan Suku Bunga: S&P Global Ratings

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar