Kerjasama Perdagangan AS-Jepang Akan Dimulai, Pertanian dan Suku Cadang Menjadi Fokus Utama

Baru-baru ini diberitakan Amerika Serikat dan Jepang tengah mengkaji kerjasama dalam bidang perdagangan khususnya di sektor pertanian dan juga sektor otomotif. Kerjasama ini jika memang membuat kedua belah pihak cocok maka langsung bisa disepakati oleh pemimpin kedua negara yaitu Trump dan juga Abe. Keduanya dijadwalkan akan mengadakan pertemuan di New York pada bulan September mendatang. Dengan adanya kerjasama perdagangan AS-Jepang, maka akan membuka peluang masuknya produk pertanian Amerika Serikat ke pasar Jepang.

Tentunya Jepang tidak hanya diam dan tidak meminta apapun, jika memang kesepakatan itu berhasil maka AS akan menurunkan tarif masuk atas barang berupa suku cadang mobil dari jepang. Sampai saat ini pembicaraan perdagangan AS-Jepang masih belangsung dan secara luas lancar.

Kerja Sama Bidang Lain

Dilansir dari sumber lain yang sering berbicara mengenai kerjasama antara AS-Jepang mengatakan bahwa pemerintahan Presiden Trump saat ini tengah mencari rekan kerja untuk meningkatkan ekspor daging sapi dan juga babi dari Amerika Serikat. Dengan terus meningkatknya akses produk AS menuju ke pasar Jepang maka akan membantu AS untuk meningkatkan daya saing dengan para anggota yang terikat dalam Perjanjian Komprehensif dan Progresif untuk Kemitraan Trans-Pasifik atau akrab disingkat (CPTPP). Perjanjian ini mengikat beberapa negara seperti Kanada, Meksiko, Peru, Selandia baru, Australia, Brunei, Jepang, Chili, Malaysia, Vietnam dan juga Singapura.

Sebelum naiknya kabar ini memang kedua pemimpin negara telah mendiskusikan terkait perdagangan AS-Jepang  saat momen KTT G20. Walaupun hubungan keduanya cukup dekat, Trump tidak segan untuk menaikkan tarif suku cadang mobil asal Jepang bersamaan dengan Uni Eropa untuk menyeimbangkan perdagangan. Karena Trump menilai surplus perdagangan antara AS dengan Jepang yang didominasi oleh produk Jepang.

Baca Juga:   Trump Terus Menekan Fed Untuk Lebih Dari Sekedar Pemangkasan Suku Bunga AS

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar