Keputusan ECB Memangkas Suku Bunga Eropa Memancing Kemarahan Trump Kepada Fed

Dilaporkan baru-baru ini Presiden Trump menyampaikan kekesalannya atas kinerja bank sentral AS yang tidak sesuai harapan. Bahkan Presiden Trump menyindir bahwa para pejabat yang ada di dalam bank sentral AS telah makan gaji buta. Kemarahan Trump ini disebabkan setelah kemarin bank sentral Eropa memutuskan untuk melakukan pemangkasan suku bunga Eropa.

Keputusan tersebut disampaikan oleh bank sentral Eropa pada hari Kamis petang kemarin (12/9). Dengan pemangkasan suku bunga tersebut maka mengirim tingkat suku bunga menuju ke -0,5 persen dari sebelumnya yang berada di level -0,4 persen. Bukan hanya pemangkasan suku bunga Eropa, kemarin bank sentral juga menyampaikan mengenai kebijakan pelonggaran kuantitatif atau QE.

Kebijakan Quantitative Easing ini sebelumnya sempat dihentikan pada akhir tahun kemarin dan saat ini akan kembali diberlakukan. Pemberlakukan pelonggaran kuantitatif ini akan berjalan dengan suntikan dana yang dilakukan bank sentral Eropa sebesar 20 Miliar setiap bulannya. Program pelonggaran ini akan diberlakukan selama masih diperlukan untuk mendorong pertumbuhan dalam negeri.

Komentar Trump

Presiden Trump juga memberikan komentar mengenai pemotongan suku bunga Eropa kemarin. Dia mengatakan bahwa saat ini ECB telah berhasil memotong suku bunga dan telah sukses menjatuhkan nilai tukar Euro terhadap USD cukup tinggi. Kondisi ini akan membuat ekspor AS menderita dan bank sentral AS hanya santai-santai saja tanpa ada tindakan.

Beberapa kali Presiden Trump menyampaikan kritikannya kepada Fed karena tidak mau memangkas suku bunga AS kembali. Trump mengatakan Fed perlu memangkas suku bunga sampai nol persen atau bahkan negatif. Sebelumnya Fed telah memangkas suku bunga 25 basis poin pada rapat bulan Juli kemarin. Sementara itu pada pertemuan selanjutnya yang akan dilakukan pada pekan depan, pasar memprediksi Fed masih akan melakukan pemangkasan suku bunga kembali.

Baca Juga:   Pemangkasan Suku Bunga Acuan Pertama Kali Bagi AS Dalam 10 Tahun Terakhir

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar