Kekhawatiran Virus Corona Akan Berdampak Negatif Bagi Ekonomi Global

Saat ini dilaporkan bahwa para pelaku pasar dan investor melakukan pembelian obligasi global dengan jumlah yang sangat besar dalam sepekan kemarin. Pembelian tersebut dilakukan ketika para pedagang dikhawatirkan dengan wabah virus Corona yang menyerang di China. Pasalnya virus tersebut akan memberikan dampak yang cukup signifikan pada ekonom global. Sekarang yield dalam 10 tahun telah mengalami penurunan sampai ke level 1,68 persen dan masih bisa turun.

Sepekan terakhir imbal hasil obligasi telah mengalami penolakan dari level tinggi sebelumnya di 1,83 persen. China sebagai salah satu raksasa ekonomi dunia, dikhawatirkan akan merasakan dampak negatif dari wabah virus yang sudah menewaskan puluhan warganya tersebut. Dampak yang lebih luas adalah pertumbuhan ekonomi global juga turut akan mengalami perlambatan. Hal itu terjadi karena akan meluas ke pinjaman, termasuk juga ke hipotek rumah.

Selain kekhawatiran virus, pembelian obligasi dalam jumlah besar juga disebabkan oleh faktor lain. Kepala suku bunga AS dari AmeriVet Securities, Gregory Faranello menyampaikan tidak ada kejelasan apa yang akan terjadi pada ekonomi global di tahun 2020. Namun melihat dari apa yang sudah terjadi maka yang harus dilakukan adalah melindungi nilai investasi dengan jalan lain.

Perekonomian AS cukup tertekan dengan data tenaga kerja yang cenderung lemah dan inflasi yang sangat sulit didorong lebih tinggi. Faranello juga mengungkapkan masalah Boeing bisa menyebabkan perlambatan pertumbuhan PDB AS karena jumlah produksi akan merosot.

Ahli strategi juga menyampaikan bahwa saat ini bank sentral AS dan bank sentral global lain akan mengambil kebijakan dengan kondisi ekonomi global yang terancam seperti saat ini. Para pelaku pasar dan investor akan berpindah ke obligasi dan juga saham. Pada hari Jumat kemarin, perdagangan saham mencetak kinerja negatif akibat kekhawatiran virus Corona.

 

Baca Juga:   Emas Menguat Ketika Kekhawatiran Virus Corona Kembali Membebani

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar