Kebijakan Bank of Canada Dinilai Dovish, USD/CAD Meroket

Dolar Kanada jatuh ke level rendah empat pekan terhadap Dolar AS. Kebijakan moneter Bank of Canada (BoC) yang diumumkan pada hari Rabu (22/Januari) malam ini, membuat para investor menaikkan pertaruhan mereka akan pemotongan suku bunga BoC dalam beberapa bulan ke depan.

Ekonomi Kanada Dinilai Melambat

BoC mempertahankan suku bunganya di level 1.75 persen sesuai dengan ekspektasi. Akan tetapi, bank sentral tersebut dinilai membuka kemungkinan pemotongan suku bunga, sehubungan dengan melambatnya pertumbuhan Kanada dalam beberapa waktu terakhir. BoC juga mengakui bahwa pelemahan yang terjadi di penghujung 2019, bisa saja menjalar hingga ke tahun ini, dan bahkan tahun-tahun berikutnya.

Gubernur BoC Stephen Poloz dan rekan-rekannya menaikkan estimasi akan terjadinya slack dalam perekonomian, dan tak lagi mencantumkan pernyataan bahwa suku bunga BoC saat ini masih merupakan level yang sesuai.

“Dalam mempertimbangkan langkah masa depan bagi kebijakan suku bunga bank sentral, Dewan Gubernur akan mengamati dengan seksama untuk melihat apakah perlambatan yang terjadi dalam pertumbuhan akhir-akhir ini, akan lebih berkesinambungan dibandingkan dengan perkiraan. … Dalam menilai data-data yang masuk, Bank sentral akan memberikan perhatian khusus kepada perkembangan belanja konsumen, pasar perumahan, dan investasi bisnis.” ungkap Poloz dalam pernyataan kebijakan moneternya pasca pengumuman suku bunga BoC.

BoC Diprediksi Potong Suku Bunga

Absennya komentar hawkish yang sebelumnya ditunjukkan BoC, membuat pasar memperkirakan bahwa bank sentral Kanada akhirnya tak dapat berkelit dari pemotongan suku bunga. Avery Shenfeld, ekonom CIBC World Markets mengatakan pada Bloomberg bahwa Gubernur Poloz sudah tak bisa lagi duduk tenang mempertahankan kebijakannya saat ini. Kekhawatiran telah merebak dan BoC harus mengambil tindakan.

Senada, Simon Harvey, analis dari Monex Europe mengatakan bahwa suku bunga BoC akan diubah dalam tahun ini. Peluang pemotongan suku bunga pun naik ke atas 20 persen dari sebelumnya yang kurang dari 5 persen.

“Suku bunga akan diubah beberapa poin tahun ini, (dan ini) adalah apa yang ditunggu-tunggu oleh pasar,” kata Harvey. “Anda sudah melihat bahwa USD/CAD reli dengan sempurna dengan latar belakang kemungkinan tersebut.

Saat berita ini ditulis, USD/CAD melonjak lebih dari setengah persen menuju 1.3146, level yang terakhir tercapai pada tanggal 26 Desember 2019.

Baca Juga:   FX Flash Meningkat, Regulator Waspada

usdcad

Tinggalkan sebuah Komentar