Kabar Pasar, Harga Emas Naik Kembali Menuju Titik Paling Tinggi Terbaru Sepanjang Sejarah

Pada pergerakan tadi malam, harga emas naik kembali menuju ke puncak paling tinggi sepanjang masa yang paling baru. Saat ini ketika sesi Asia berlangsung hari Rabu (5/8) harga emas berada sekitar level harga di atas 2.000 per troy ounce. Pada penutupan perdagangan hari Selasa, emas telah mencatatkan kenaikan 2,1% di 2.018. sementara itu saat sesi awal Asia tadi pagi masih kembali naik sampai ke 2.024 atau naik 0,26%.

Sejak awal tahun 2020 kemarin, harga emas naik sangat tinggi dan tidak ada yang bisa membendung kecuali aksi koreksi ambil keuntungan. Di tahun 2020 sampai hari Rabu ini, emas sudah melonjak 33,35%. Kenaikan yang sangat meyakinkan terjadi karena katalis fundamental emas masih tetap bertahan mendukung bullish.

Fundamental Emas Masih Mendukung Bullish

Pertama emas dikenal sebagai aset safe haven penjagaan nilai ketika ada masalah ekonomi global. Pandemi virus Corona menyebabkan ekonomi global jatuh ke masa krisis dan menurunkan tingkat kepercayaan publik terhadap mata uang fiat. Kemudian hal ini kembali didukung ketika bank sentral memangkas suku bunga ke dekat level 0 bahkan juga level negatif.

Akibatnya minat terhadap aset imbal hasil obligasi seperti obligasi pemerintah AS ditinggalkan pasar. Yield Treasury dalam 10 tahun AS bahkan anjlok ke 0,5% dan membuat banyak yang berpindah ke aset tanpa imbal namun menjaga nilai yaitu emas. Adanya suntikan likuiditas ekstra besar oleh The Fed turut berkontribusi membawa emas melonjak ke puncak tertinggi terbarunya saat ini.

Apalagi tadi pagi terjadi ledakan di Beirut Lebanon yang menewaskan puluhan warga. Hal ini memperkuat aksi penghindaran risiko dan membawa harga emas naik lebih tinggi. Ketua strategi psar dari Blue Line Futures yaitu Phil Streibel memprediksi target utama emas akan berada di 2.200 sesuai kebiasaan angka bulat dan berdasarkan fibonacci ekstension.

 

Baca Juga:   EURJPY Naik Karena Euro Menerima Manfaat Dari Pemulihan Risiko

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar