Jelang Pemilihan Presiden AS, Trump Mulai Mempersiapkan Amunisi

Pemilihan Presiden AS semakin dekat dan beberapa kandidat Presiden AS akan terus berusaha mendapatkan hati para pemilih. Sementara itu Presiden Trump yang juga akan mencalonkan diri kembali, kemarin dilaporkan terus berusaha memberikan keyakinan kepada petani dan peternak di kawasan AS. Pasalnya mereka menerima dampak negatif besar akibat perang dagang yang terjadi dengan China.

Peningkatan Ekspor Pertanian AS

Saat mengunjungi Austin, Texas yang merupakan basis pemilihan Trump tahun 2016, dia mengatakan bahwa kesepakatan dagang dengan China akan meningkatkan pembelian produk pertanian AS dengan jumlah yang besar. Trump akan terus berusaha meyakinkan penduduk Austin karena suara dari mereka akan sangat dibutuhkan untuk bisa memenangkan kembali pemilihan Presiden AS pada bulan November nanti.

Pada akhirnya Trump tetap bersama para petani dan peternak Austin setelah hampir dua kali dirinya harus menyiapkan dana talangan sampai jutaan dolar bagi para produsen yang terdampak tarif tambahan dari China.  Memang sebelumnya AS dan China bersitegang masalah perdagangan yang terjadi hampir dua tahun. Bahkan ekonomi global turut mengalami perlambatan akibat ketegangan dua negara.

Dalam kesepakatan itu ada poin yang sangat mengungtungkan petani AS dan akan jadi senjata Trump dalam pemilihan Presiden AS November mendatang. China telah sepakat untuk meningkatkan pembelian produk pertanian sebesar $12,5 Miliar pada tahun 2020. Lalu tahun selanjutnya akan naik kembali $24 Miliar.

Selain kesepakatan dagang dengan China, Trump juga menjelaskan kepada para petani bahwa dirinya telah mendapat persetujuan dari Kongres AS mengenai kesepakatan USMCA. Kesepakatan dagang antara AS, Meksiko dan Kanada itu akan menggantikan pakta dagang bebas kawasan Amerika Utara pada tahun 1995 lalu. Kesepakatan tiga negara itu mungkin akan bisa ditandatangani di Gedung Putih.

 

Baca Juga:   Kesepakatan Dagang AS-China Akan Berdampak Positif Bagi Saham dan Ekonomi Global

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar