Indeks Dolar AS Tetap Stabil Di 98,30 Menunggu Data, ECB dan FOMC

Greenback pada indeks Dolar AS atau DXY terlihat terus mengalami kenaikan menuju ke level harga 98,40 saat perdagangan hari Selasa (10/9) ketika sesi Asia berlangsung. Saat ini mungkin DXY terus melanjutkan momentum kenaikannya dalam mingguan setelah pada pembukaan pekan ini tetap pada kondisi yang stabil.

Posisi saat ini otomatis telah memangkas penurunan indeks Dolar AS sebelumnya yang sempat menyentuh level 98,00. Berbagai kombinasi positif sangat memberikan dorongan bagi indeks untuk naik lebih tinggi. Imbal hasil obligasi Treasury pemerintah AS telah mengalami pembalikan dari titik paling rendah. Selain itu dikabarkan juga hubungan perdagangan antara AS dengan China sedang dalam fase yang cukup optimis.

Pemulihan yang terjadi pada imbal hasil obligasi terlihat pada tenor 10 tahun yang mengalami kenaikan menuju ke level 1,66 persen saat sesi awal perdagangan. Kenaikan ini juga semakin memperpanjang momentum ketika rekan global juga sedang mendaki lebih tinggi.

Fokus Indeks DXY

Namun saat ini greenback tampak menaruh kehati-hatian pada pertemuan bank sentral Eropa hari Kamis mendatang. Pasar sendiri memprediksi bahwa bank sentral Eropa akan menyalurkan paket stimulus untuk mendorong ekonomi dalam negeri. Acara FOMC yang dijadwalkan berlangsung pekan depan juga akan menjadi penggerak indeks Dolar AS. Bahkan CME FedWatch Tool menyampaikan potensi pemangkasan suku bunga 25 basis poin mencapai 93 persen.

DXY telah berhasil mengalami pemulihan setelah pada hari Jumat pekan kemarin Ketua Fed Powell menyampaikan pesan yang hawkish. Namun sayangnya mungkin Presiden Trump akan terus menekan Fed agar melakukan pemangkasan suku bunganya kembali untuk bersaing di pasar global. Dari sisi data, DXY akan menunggu rilis mengenai indeks NFIB selama bulan Agustus. Jika sesuai jadwal, rilis tersebut juga akan diikuti oleh rilis kesempatan pekerjaan JOLTs selama Juli.

Baca Juga:   Intervensi Mata Uang Tidak Akan Dilakukan AS, Trump Hanya Ingin Keseimbangan Dagang

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar