Indeks Dolar AS Melonjak Fokus Ke Data AS Dan Rapat ECB

Greenback pada indeks Dolar AS terlihat terus berusaha untuk masuk ke dalam fase konsolidasi setelah kenaikan sebelumnya. DXY berhasil melonjak pada hari Rabu kemarin menuju ke sekitar level 98,60 saat mendekati pertemuan yang akan dilakukan oleh bank sentral Eropa.

Indeks mungkin akan tetap berusaha mempertahankan momentum kenaikannya yang berjalan hampir satu pekan ini. DXY sempat menerima halangan kenaikan lebih lanjut ketika telah mencapai level 98,80 saat hari Rabu kemarin. Kenaikan indeks Dolar AS didukung juga oleh pemulihan yang terjadi di sekitar imbal hasil obligasi Treasury pemerintah AS bertenor 10 tahun. Imbal berhasil melonjak menuju ke level 1,80 persen ketika suasana risiko sedang hinggap di pasar.

Selera risiko yang tinggi saat ini juga didukung oleh kabar yang sangat positif dari perang dagang antara AS-China. Optimisme hubungan dagang kedua negara telah membangkitkan minat pasar terhadap aset-aset berisiko termasuk juga indeks Dolar AS dan imbal hasil. Penguatan juga didukung oleh sektor data dimana rilis data mengenai inflasi harga produsen AS mengalami kenaikan selama bulan Agustus.

Fokus USD

Untuk fokus para pelaku pasar dan investor selanjutnya akan tertuju ke pertemuan yang akan dilakukan oleh bank sentral Eropa pada hari Kamis ini (12/9). Selain itu rilis data dari AS mengenai tingkat inflasi harga konsumen juga akan mampu menggerakkan sentimen di sekitar USD.

Sementara itu mengenai suku bunga, masih berpegang pada pernyataan dari Powell Fed kemarin bahwa bank sentral masih menganggap ekonomi AS mampu melakukan ekspansi. Para pelaku pasar dan investor saat ini juga masih melakukan pertimbangan kembali mengenai pemangkasan suku bunga. Dalam waktu dekat bank sentral AS akan melakukan pertemuan dalam pembicaraan masalah kebijakan moneter yang sangat penting.

Baca Juga:   Pasar Kecewa Dengan Pernyataan Fed Saat Pertemuan Kebijakan Kemarin

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar