Indeks Dolar AS Kembali Pulih Pasca Pidato Fed Powell, Menguji Level Lebih Tinggi Selanjutnya

Greenback pada perdagangan di hari Senin (9/9) dibuka dengan pergerakan menuju ke arah yang positif. Dalam hal ini indeks Dolar AS (DXY) sedang berada di sekitar level harga 98,40 saat sesi perdagangan sudah mendekati pembukaan sesi kawasan Eropa hari ini.

Sebelumnya Dolar AS sempat mengalami pembalikan dari titik tertingginya menuju ke level 98,00. Untuk saat ini indeks berhasil mencoba memulihkan diri kembali saat awal pekan karena pidato yang disampaikan oleh Ketua Fed Powell. Pada hari Jumat kemarin, Powell menyampaikan sebuah pesan yang menggambarkan bahwa ekonomi AS saat ini sedang dalam kondisi yang baik dan tidak ada pelemahan.

Dalam pidato tersebut Powell juga menyampaikan bahwa tetap pada pendirian Fed untuk terus mendukung ekspansi ekonomi yang sedang terjadi saat ini. Powell juga menyampaikan bahwa tidak ada resesi yang terlihat sampai saat ini dan kondisi pasar tenaga kerja dalam kondisi yang sangat baik. Pidato hawkish ini disampaikan ketika spekulasi sedang meluas di pasar bahwa akan ada pemotongan asuransi pada pekan depan nanti.

Perhatian Untuk Dolar AS

Indeks DXY telah berhasil mengalami pemulihan yang baik beberapa waktu terakhir setelah komentar dari Powell yang sangat hawkish. Namun walaupun Powell mengatakan bahwa ekonomi sedang dalam kondisi yang baik, pasar masih tetap memegang prediksi pemangkasan suku bunga kembali oleh Fed. Selain itu resesi juga diprediksi akan terjadi pada tahun 2020 pada beberapa titik.

Secara luas untuk tahun 2020 indeks Dolar AS masih terlihat menguat dengan didukung oleh data pasar tenaga kerja yang terus solid, tingkat kepercayaan konsumen yang baik dan juga tingkat PDB berada dalam kondisi yang positif. Selanjutnya penyampaian data mengenai tingkat inflasi akan menjadi fokus para pelaku pasar dan investor.

Baca Juga:   Ketua Fed Powell : “Hukumnya jelas”, Trump Tidak Bisa Memecat Saya

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar