IMF Memprediksi Ekonomi China Masih Kuat Dalam Jangka Menengah Sampai Panjang

Dana Moneter Internasional atau IMF telah merilis prediksinya terkait dengan kondisi ekonom China. IMF mengatakan bahwa perekonomian China akan tetap kuat dan tangguh pada jangka menengah sampai panjang. Namun sayangnya kurang tangguh jika dalam jangka pendek mengingat wabah virus Corona akan terus menggerogoti pertumbuhan ekonominya.

Dikutip dari Reuters, Gerry Rice seorang juru bicara IMF menyampaikan bahwa saat ini terlalu banyak ketidakpastian. Sehingga masih sangat sulit untuk bisa memprediksi efek negatif wabah virus Corona bagi ekonomi China dan juga perekonomian global. Namun IMF menaruh harapan bahwa akan ada banyak wawasan disaat negara yang tergabung dalam G20 melakukan pertemuan di Arab Saudi pada pekan depan.

Wabah virus Corona terus menjadi penggerak sentimen risiko global dalam beberapa pekan ini sejak akhir Januari lalu. Sementara itu pada pekan lalu di hari Kamis, kekhawatiran wabah tersebut sempat meningkat ketika terjadi lonjakan tajam korban positif terinfeksi dan korban yang tewas akibat serangan virus. Namun sebelumnya juga sempat membaik karena lonjakan pertambahan korban lambat dan membuat sentimen risiko kembali masuk ke pasar.

Ekonomi Masih Kuat

Gerry Rice juga mengungkapkan bahwa IMF memberikan dukungan atas segala langkah yang diambil oleh pemerintah China untuk menekan perkembangan virus Corona. Selain itu pemerintah China juga mengambil beberapa langkah pada sektor ekonomi untuk mengurangi dampak negatif virus. Beijing mengambil langkah stimulus ekonomi dan juga fiskal untuk menghidupkan pasar kembali.

Rice menambahkan IMF akan siap untuk memberikan bantuan kepada China sesuai dengan yang dibutuhkan. Rice juga mengatakan dalam jangka menengah sampai panjang, ekonomi China masih kuat. Ekonomi yang besar, sumber daya dan tekad yang kuat akan membantu China dalam menghadapi bencana wabah virus Corona ini.

 

Baca Juga:   Saham Asia Memberikan Sinyal Beragam Di Tengah Data Optimis China, Selanjutnya Fokus Ke Data Global

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar