Harga Emas Sideways Menantikan Hasil Rapat FOMC

Harga emas cenderung sideways di sesi perdagangan Selasa sore ini. Hal itu karena para trader memilih untuk minggir dari pasar, menunggu hasil rapat The Fed (FOMC) pekan ini. Bank sentral AS tersebut diekspektasikan akan kembali memangkas suku bunganya dan mengutarakan rencana jangka panjangnya.

Harga emas spot, seperti grafik di bawah ini, tergelincir 0.1 persen ke harga $1,495.74 an ounce. Emas spot sudah mendulang kenaikan harga dengan total 1 persen di sesi sebelumnya akibat memanasnya politik di Timur Tengah. Sementara itu, emas futures turun lebih tajam, yakni 0.4 persen ke $1,505.6.

xauusd

“Pasar sedang mencari katalis baru … pemotongan suku bunga hingga 25 basis poin memang sudah diperkirakan secara luas, tetapi yang dicari oleh para trader sesungguhnya adalah petunjuk mengenai kebijakan di masa depan,” kata Benjamin Lu, seorang analis di Phillip Futures.

Pasar memperkirakan bahwa The Fed akan memotong suku bunganya lagi sebesar 25 basis poin di hari Rabu besok. Jika benar terjadi, maka itu akan menjadi Rate Cut kedua di tahun 2019 ini. Selain itu, pasar juga mengharapkan Jerome Powell akan memberikan petunjuk lebih lanjut dalam konferensi pers-nya setelah pengumuman kebijakan moneter The Fed.

Ketua bank sentral yang terus mendapat rong-rongan dari Presiden AS Donald Trump untuk membabat habis suku bunga tersebut, diharapkan dapat memberikan rincian kebijakan moneter Amerika di tengah kondisi perang dagang AS-China dan peluncuran stimulus oleh bank-bank sentral lain, yang salah satunya adalah stimulus ECB. Selain itu, bagaimana pandangan Powell soal melemahnya data manufaktur AS belakangan ini juga ditunggu oleh para trader.

Jika The Fed memutuskan kebijakan yang berlawanan dengan ekspektasi pasar, maka ada kemungkinan kuat bahwa kita akan melihat reversal jangka pendek (dalam harga emas) dan uji level rendah drastis ke kisaran $1,455,” kata Lu lagi.

Baca Juga:   Skenario Yang Membuat Nilai Tukar USD Setara Poundsterling Inggris

Tinggalkan sebuah Komentar