Harga Emas Naik Setelah Meluas Rumor Tidak Ada Pemotongan Tarif

Perdagangan logam mulia saat sesi Asia di hari Rabu (15/1) mengalami kenaikan yang cukup moderat. Salah satu faktor yang menyebabkan harga emas melonjak adalah adanya rumor negatif terkait dengan kesepakatan dagang AS dan China. Beberapa pihak menilai bahwa pakta itu kurang nyata dalam menyelesaikan persoalan utama kedua negara.

Perdagangan hari ini, logam mulia sudah mengalami kenaikan sebesar 0,06 persen menuju ke level harga 1,546. Sementara itu para pelaku pasar dan investor akan terus memfokuskan diri para kesepakatan dagang tersebut. Pasalnya jika sesuai rencana, kesepakatan akan ditandatangani oleh perwakilan kedua negara. Sehingga poin-poin yang menjadi komitmen akan mulai dibuka untuk umum.

Perang dagang yang melibatkan AS dan China hampir selama dua tahun terakhir, sangat melukai ekonomi kedua negara dan ekonomi global.  Dengan adanya penandatanganan kesepakatan ini, maka diharapkan akan menumbuhkan perdagangan global yang sempat mengalami perlambatan.

Rumor Tarif AS dan China

Harga emas melonjak setelah adanya rumor bahwa tidak ada pemangkasan tarif lainnya dari pihak AS. Sehingga pemangkasan hanya untuk tarif yang awalnya 15 persen menjadi 7,5 persen. Dengan tidak adanya penyelesaian masalah tarif ini, maka para pelaku pasar dan investor menganggap tidak ada langkah nyata pada pakta dagang tersebut.

Dilansir dari Bloomberg, pihak China dan AS akan terus menganalisis kondisi dan berpeluang memangkas tarif 10 bulan mendatang sejak 15 Januari. Jika hal ini benar terjadi maka produk China masih mendapat kesulitan untuk masuk ke pasar AS.

Hal itu memicu kekhawatiran para pelaku pasar terhadap melesetnya prediksi pertumbuhan global. Sehingga membawa harga emas melambung saat sesi Asia berlangsung. Pemangkasan tarif kemungkinan baru ada jika kesepakatan tahap dua sudah selesai dibahas. Trump sendiri pernah mengatakan tidak ada kesepakatan lagi sampai pemilihan Presiden AS selesai.

 

Baca Juga:   Analisa Emas, Minyak dan Perak Harian 30 September 2019

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar