Harga Emas Menguat Di Tengah Suasana Sentimen Risiko Yang Mendorong Wall Street Lebih Tinggi

Permintaan beli pada logam mulia emas mengalami kenaikan cukup baik di hari Jumat (17/1) saat sesi Eropa berlangsung. Harga emas menguat di tengah suasana sentimen risiko yang sedang dalam kondisi yang baik. Normalnya emas bukan menjadi salah satu aset yang dicari ketika selera risiko sedang hidup. Kondisi risk on terpantau dengan adanya mode kenaikan di sekitar pasar ekuitas global beberapa waktu terakhir.

Saat ini harga emas menguat menuju ke level harga 1,555 atau mewakili kenaikan sekitar 0,18 persen. Kenaikan ini mungkin melanjutkan sejarah akhir tahun 2019 lalu dimana saham AS atau Wall Street mengalami lonjakan diiringi dengan permintaan beli emas yang meningkat. Di sisi lain, beberapa aset safe haven penghindaran risiko telah mengalami pelemahan seperti mata uang Yen Jepang dan juga Franc Swiss.

Sentimen Risiko Kuat

Selera risiko pasar menguat setelah perwakilan AS dan China bertemu di Washington Rabu malam waktu Indonesia dan menandatangani kesepakatan dagang tahap satu. Secara umum memang kedua negara belum damai secara total. Pasalnya masih ada beberapa masalah utama yang lebih rumit belum diselesaikan dibahas pada kesepakatan tahap satu tersebut.

Namun paling tidak langkah ini telah membuat optimisme pertumbuhan global kembali lagi. Salah satu tandanya adalah selera risiko yang hidup dan naiknya permintaan beli pada aset-aset berisiko di pasar global. Sebelumnya emas sudah mengalami pelemahan akibat rilis data ekonomi AS yang menggembirakan, tapi masih mampu bertahan dan saat ini justru harga emas menguat di tengah risk on pasar.

Selanjutnya para pedagang logam mulia akan memfokuskan diri pada rilis data ekonomi AS nanti malam. Beberapa data akan disampaikan seperti data mengenai perumahan dan komentar dari pejabat Fed akan menjadi penggerak Dolar AS dan menentukan arah pergerakan emas selanjutnya.

 

 

Baca Juga:   Bank Sentral Kanada Kembali Memangkas Suku Bunga Untuk Kali Kedua

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar