Harga Emas Masih Stagnan Saat Sesi Asia Di Tengah Penurunan Saham Global Karena Risk Off

Perdagangan logam mulia emas tampak masih stagnan saat sesi awal Asia berlangsung di hari Jumat (28/2). Sementara itu pasar saham global telah mencatatkan kinerja yang negatif karena penghindaran risiko akibat wabah virus Corona yang meluas. Harga emas masih bertahan di sekitar level harga 1.642 saat sesi Asia. Logam mulia belum menunjukkan kinerja positif ketika penghindaran risiko terjadi besar-besaran.

Peningkatan Kasus Luar China

Berdasarkan data terbaru dari John Hopkins University CSSE menampilkan jumlah keseluruhan laporan korban Corona secara global berada di angka 83,342 kasus. Sementara itu untuk korban yang meninggal dunia sudah mencapai angka 2.858 jiwa. Memang peningkatan kasus untuk kawasan China sudah mengalami penurunan. Tapi sayangnya lonjakan di beberapa negara luar China menyebabkan nada kekhawatiran belum mereda.

Negara Asia yang cukup menderita adalah Korea Selatan yang melaporkan sudah ada 2000 kasus infeksi dan menewaskan sebanyak 13 warga Korsel. Sementara itu di Italia juga terjadi lonjakan kasus sangat drastis sampai 655 kasus dengan korban meninggal sampai 17 jiwa.

Kondisi ini yang menyebabkan harga emas melonjak karena kekhawatiran virus yang semakin memburuk. Pedagang merasa khawatir bahwa virus ini akan menjadi pandemi dan akan membuat pertumbuhan global terganggu. Walaupun Organisasi Kesehatan Global atau WHO belum menyatakan bahwa wabah ini sudah masuk ke kategori pandemi.

Risk off terlihat dengan penurunan tajam di Wall Street sampai 4 persen pada penutupan tadi pagi. Sementara itu DJIA mencatat penurunan sampai 4,44 persen disusul oleh S&P 500 yang hancur 4,43 persen. Saham Asia juga diperdagangkan dengan kondisi yang sama seperti saham AS. Namun sayangnya risk off sesi Asia tidak mampu mendorong harga emas lebih tinggi lagi. Kemungkinan pedagang lari menuju surat utang AS.

 

 

Baca Juga:   Gelombang Risk Off Kembali Mendorong Yen Jepang Unggul Di Atas Dolar AS

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar