Harga Emas Dunia dan Logam Mulia Hari ini

Live Chart Harga Emas Dunia per ONS


Harga Emas Logam Mulia (LM) Antam Hari ini Source Widget Kontan.co.id

Kurs Rupiah Hari ini by Kontan.co.id

Logam mulia emas adalah salah satu instrument investasi yang karakternya sangat likuid  sehingga tidak mudah terdampak oleh inflasi. Tak heran sejak dahulu orang gemar menyimpan emas baik dengan cara yang konvensioal hingga modern. Setiap hari harga emas mengalami fluktuasi atau naik dan turun seperti forex. Tahukah Anda mengapa bisa begitu? Fluktuasi nilai emas ini juga terjadi pada logam mulia yang diterbitkan oleh Antam yang disertai sertifikat.

Penyebab Harga Emas Bisa Naik Turun

Bagi para investor emas setiap hari memang harus mencermati fluktuasi harga logam mulia ini, tapi bila mengetahui pemicunya Anda sesungguhnya dapat melakukan tindakan antisipasi agar investasi Anda tetap aman. Nah, simak ulasan berikut!

  • Nilai tukar mata uang Dollar

Ada hubungan antara nilai tukar mata uang Dollar Amerika dengan harga emas yang ditetapkan di pasaran.

  1. Harga emas akan meningkat bila mata uang Dollar Amerika melemah atau artinya mata uang rupiah menguat.
  2. Sebaliknya, harga emas akan turun saat mata uang Dollar Amerika menguat dan mata uang rupiah melemah.

Anda bisa mengantisipasi hal-hal yang tak dikehendaki pada investasi emas Anda dengan rajin mengamati keadaan di pasar global. Contohya investasi emas dapat dipertahankan bila gejala resesi global terjadi.

  • Penawaran dan permintaan

Kedua adalah terkait keseimbangan penawaran dan permintaan logam mulia atau supply and demand

Berikutnya ada faktor kelangkaan yang juga berpengaruh pada harga emas dan juga barang lainnya. Bila suatu benda, dalam hal ini logam mulia, banyak tersedia tapi tidak ada atau sedikit permintaan dari konsumen, tentu harganya akan menurun. Sebaliknya, bila barang yang tersedia langka atau hanya sedikit dan permintaan akan barang tersebut tinggi, maka harganya akan meningkat.

Intinya ketersediaan barang yang langka akan membuat harga barang naik. Contohnya adalah property yang tingkat kelangkaannya mutlak sehingga nilainya mengalami peningkatan secara berkesinambungan. Lahan yang tersedia sejak dahulu sampai sekarang jumlahnya tetap namun peminatnya semakin lama semakin banyak karena jumlah penduduk yang terus bertambah.

  • Kenaikan permintaan untuk industry dengan bahan baku emas

Sebagaimana data yang tercantum dalam World Gold serta The London Bullion Market Association:

  1. Permintaan akan emas umumnya terjadi pada industry perhiasan di dunia, dan yang terbesar adalah di negara Amerika, Tiongkok, serta India. Permintaan akan emas untuk memenuhi kebutuhan industry di 3 negara tersebut mencapai 54%.
  2. Berikutnya adalah permintaan yang berasal dari industry elektronik serta medis sebesar 12%.

Permintaan yang terus meningkat untuk memenuhi kedua industry tersebut tentunya membuat jumlah emas yang tersedia menjadi langka dan bila jumlahnya langka nilainya akan melambung sebagaimana yang telah dijelaskan pada poin sebelumnya.

  • Monopoli emas secara global

Perlu diketahui bahwa bank-bank sentral dunia pernah melakukan monopoli pembelian emas untuk menimbunnya, yaitu, European Central Bank, Bundesbank, dan The Federal Reserve System. Cadangan emas dalam jumlah banyak yang dikuasai oleh bank-bank di atas tentu akan berdampak pada kelangkaan jumlah emas di pasaran. Akibatnya harga emas pun naik.

  • Isu global

Anda tentu masih ingat pada kasus di tahun 1998, dimana terjadi  kerusuhan besar-besaran yang menjadi dampak dari gerakan massa untuk menuntut turunnya Presiden Indonesia yang kedua, Soeharto. Kerusuhan tersebut memicu terjadinya kekacauan perekonomian dalam negeri sehingga harga emas  menjadi melambung. Harga emas dunia juga dipengaruhi oleh isu-isu global seperti resesi atau perang.

Penyebabnya emas kerap menjadi andalan untuk menyelamatkan negara saat terjadi chaos akibat pergolakan ekonomi dan politik. Otomatis harga emas akan melangit saat kedua hal itu terjadi. Semakin parah kekacauan yang terjadi, harga emas akan semakin tinggi.

  • Inflasi

Yang dimaksud inflasi dalam ilmu ekonomi adalah peningkatan harga-harga, dan termasuk jasa yang ditunjukkan dalam satuan persen. Penyebabnya adalah hal-hal yang terjadi di pasar, yaitu, distribusi barang tidak lancar, likuiditas pada pasar yang berlebihan sehingga terjadi spekulasi atau konsumsi, dan konsumsi masyarakat naik karena suatu hal, misalnya hari raya. Inflasi sesungguhnya juga proses berkurangnya nilai mata uang secara terus-menerus.

Karena nilai mata uang yang menurun dan tak lagi berharga, masyarakat beralih pada alat tukar lainnya yang lebih bernilai, yaitu emas. Jadi saat inflasi terjadi harga emas akan meningkat secara signifikan.

  • Suku bunga

Harga emas memang jarang dihubungkan dengan fluktuasi suku bunga, tapi peningkatan harga emas kerap berdampak pada nilai suku bunga bank, terutama pada suku bunga tabungan serta produk obligasi. Kondisi yang umum berlangsung pada kondisi tersebut adalah:

  1. Suku bunga akan turun bila harga emas meningkat.
  2. Sebaliknya, saat harga emas meningkat maka suku bunga akan naik.

Mengenal investasi emas

investasi emas

Tentunya Anda sudah mendapat sedikit gambaran dari ulasan di atas tentang investasi emas. Investasi dalam logam mulia ini mempunyai beberapa kelebihan, yaitu:

  1. Sifatnya likuid dan tidak akan mudah terdampak oleh inflasi
  2. Harga emas cenderung stabil dan seiring berjalannya waktu juga akan meningkat walaupun tidak terlalu cepat
  3. Bila disimpan, fisik emas tidak akan mudah rusak baik terkena banjir, terbakar, atau hal-hal yang lainnya. Menyimpan kekayaan dalam bentuk emas akan lebih aman dibandingkan uang tunai.

Dalam investasi memang selalu ada resiko, termasuk resiko penurunan emas dalam investasi emas. Tapi bila Anda berniat untuk berinvestasi dalam jangka panjang, menyimpan logam mulia akan lebih aman sebagaimana Anda menyimpan asset dalam property karena jumlah emas juga semakin hari semakin langka.

Emas Antam

Anda tentunya tahu bahwa selain membeli emas di toko-toko perhiasan yang dimiliki perorangan, Anda juga bisa membeli emas dalam bentuk batangan atau koin yang dilengkapi sertifikat Antam. Banyak yang bertanya-tanya manakah yang lebih baik dipilih untuk investasi. Sebelumnya perlu Anda ketahui kalau emas perhiasan serta emas Antam juga sama-sama logam mulia yang sifatnya likuid serta nilainya tinggi.

Emas Antam sendiri adalah emas yang diterbitkan oleh BUMN PT Aneka Tambang (Antam). Lalu apa perbedaannya? Simak poin-poin berikut ini!

  1. Keaslian emas Antam terbukti dari adanya sertifikat yang menyertai pembeliannya sehingga saat ingin menjual emas itu kembali tak perlu lagi dilakukan uji kemurnian atau keasliannya.
  2. Berbeda dengan emas perhiasan, emas yang dikeluarkan oleh PT Antam sudah mempunyai ukuran yang jelas sehingga Anda tak bisa membeli sejumlah emas yang nilainya tidak tersedia. Contohnya Anda ingin membeli emas sebanyak 5.2 gram, hal ini tidak dapat dilakukan karena yang tersedia adalah emas berukuran 5 gra, 10 gram, dan sebagainya.
  3. Membeli emas Antam dinilai lebih aman karena diawasi langsung oleh pemerintah dan bila terjadi hal-hal yang merugikan masyarakat, pemerintah akan turun tangan.
  4. Emas Antam yang Anda beli juga dilengkapi informasi yang detail, contohnya tahun pembuatan dan diterbitkan yang sering berdampak pada harga penjualan emas.
  5. Harga emas Antam lebih tinggi karena dinilai lebih murni dan dilengkapi sertifikat berstandar internasional.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 5,00 out of 5)

Loading...