Harga Emas Anjlok Merespon Rumor Deal Perdagangan AS-China

Perkembangan isu perang dagang yang positif justru mengurangi permintaan pasar terhadap emas. Harga logam mulia tersebut jeblok, begitu AS dan China dikabarkan mencapai kesepakatan Fase Satu, tinggal menunggu tanda tangan Presiden AS Donald Trump.

Harga emas futures untuk pengiriman Februari turun 0.2 persen ke $1,472.30 per ons, menjauhi level tinggi $1,491.60 yang tercapai di sesi perdagangan sebelumnya. Sedangkan harga emas spot yang ditunjukkan dari grafik XAU/USD di bawah ini juga turun 0.34 persen ke kisaran 1,469.

xauusd

Bloomberg mengabarkan bahwa negosiator AS dikabarkan telah mencapai kesepakatan perdagangan Fase Satu dengan China, tinggal menunggu tanda tangan dari Presiden Donald Trump saja. Mereka akan bertemu dengan Trump pada pukul 2:30 sore waktu setempat, guna berdiskusi lebih lanjut.

Narasumber anonim media tersebut juga mengatakan, pengumuman resmi kemungkinan akan dirilis besok malam. Sejumlah term perdagangan sudah pun disetujui. Akan tetapi, teks legalisasinya belum final.

Sebelumnya Wall Street Journal juga memberitakan hal serupa. AS dikabarkan bersedia membatalkan tarif tambahan yang sedianya akan dikenakan pada barang-barang China akhir pekan ini. Syaratnya, Chia harus mau memborong hasil pertanian AS dan mengetatkan aturan soal teknologi sehingga melindungi hak intelektual AS.

Menambah sentimen optimistis, kicauan Trump tadi malam yang menyebutkan bahwa kesepakatan AS dan China sudah sangat dekat dengan momen penandatanganan, membuat pasar ekuitas naik.

“Mereka menginginkannya (kesepakatan), kitapun demikian!” kicau Trump sekitar lima menit pasca pembukaan bursa di New York.

Namun demikian, sebagian analis justru skeptis menanggapi rumor ini. Jeff Wright, analis dari GoldMining Inc, mengatakan bahwa kicauan Trump itu hanyalah pengalihan dari isu pemakzulan dirinya. Wright justru merasa bahwa sebetulnya belum ada kemajuan riil yang dicapai oleh kedua belah pihak.

Baca Juga:   Sterling Menguat Ketika Oposisi Inggris Mencoba Untuk Memblokir Brexit Tanpa Kesepakatan

Apabila keraguan Wright terbukti, maka harga emas mungkin akan terkoreksi naik dari posisinya saat ini. Terlebih lagi, bank-bank sentral negara maju menunjukkan sentimen dovish, salah satunya adalah ECB yang mempertahankan suku bunga negatif.

Tinggalkan sebuah Komentar