Harapan Pemangkasan Suku Bunga Inggris Oleh BoE Terus Meningkat

Mata uang Poundsterling Inggris saat ini terus dibebani oleh harapan pelonggaran kebijakan bank sentral Inggris pada pertemuan mendatang. Beberapa komentar dari Gubernur Carney dan MPC lain membuat ekspektasi itu semakin kuat. Dilansir dari Reuters berdasarkan data yang didapat dari BoE Watch, saat ini para pedagang menaruh peluang pemangkasan suku bunga Inggris di persentase 70%.

Jika memang bank sentral Inggris benar-benar melakukan pemangkasan suku bunga, maka akan menuju ke 0,5% atau kehilangan 25 basis poin saat pertemuan akhir Januari mendatang. Sinyal sudah diberikan oleh Carney saat pidato awal tahunnya pada acara di London. Dilansir dari Reuters, Carney mengatakan BoE akan merespon dengan cepat jika ekonomi Inggris terus mengalami pelemahan.

Pernyataan itu membuat ekspektasi pemangkasan suku bunga Inggris melonjak sebagai upaya mendorong perekonomian menjadi lebih baik lagi. Pasca pidato itu, peluang pemotongan suku bunga berada di 14 persen. Namun dalam rentang waktu 2 pekan, persentase langsung melonjak 70 persen. Pasalnya beberapa anggota pembuat kebijakan BoE atau MPC juga memberikan pernyataan senada dengan Carney.

Komentar MPC dan Data Negatif

Terlebih lagi data aktual dalam negeri Inggris terus dilaporkan dengan hasil yang mengecewakan. Sehingga seakan-akan mengkonfirmasi rumor pemotongan suku bunga Inggris pada pertemuan 30 Januari. Komentar MPC pertama disampaikan oleh Silvana Tenreyro yang mengatakan dukungan pada pemotongan suku bunga jika memang ekonomi Inggris terus merosot.

Selanjutnya Gertjan Vlieghe juga mengatakan nada serupa dan memberikan persetujuan untuk pelonggaran kebijakan dalam pertemuan mendatang. Namun Vlieghe akan berubah pikiran jika memang data ekonomi Inggris mengalami pertumbuhanj yang cukup baik sebelum rapat kebijakan moneter BoE.  Sayangnya beberapa data ekonomi Inggris dilaporkan dengan hasil yang mengecewakan seperti penjualan eceran dan data inflasi yang rendah

Baca Juga:   Pemilihan Umum Inggris Akan Menjadi Penggerak GBPUSD Selanjutnya

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar