GBPUSD Naik Ringan Setelah Penurunan Tajam Hari Kamis Akibat Ketidakpastian Brexit

Pasangan mata uang GBPUSD hari ini bergerak dengan stabil setelah mencatatkan beberapa kenaikan ringan sebelumnya. Permintaan mata uang Poundsterling Inggris bahkan juga telah mengabaikan rilis data utama Inggris yang mengesankan. Saat ini ketika sesi awal Eropa berlangsung hari Jumat, GBPUSD bergerak di sekitar nilai tukar 1,2825.

Pada awal pekan ini, Poundsterling mendapatkan daya tarik yang baik dan membawanya pulih dari titik terendah sebelumnya. Meski pada akhirnya hari Kamis kemarin, Poundsterling Inggris melemah sangat tajam sekali. Dampaknya membawa GBPUSD terjun menuju ke 1,2800 dari tertinggi sebelumnya yang berada di 1,3035.

Salah satu penyebabnya adalah adanya ancaman dari Uni Eropa yang akan keluar dari pembicaraan Brexit karena Inggris melanggar perjanjian Brexit. PM Boris Johnson mengeluarkan RUU Pasar Internal dan secara otomatis membatalkan perjanjian Brexit dengan Uni Eropa sebelumnya. Tampaknya PM Boris memang benar-benar buntu untuk membicarakan kesepakatan Brexit sehingga RUU Pasar Internal dikeluarkan.

Mampu Naik Setelah Manufaktur Optimis

Meski kemarin terbebani masalah tersebut, GBPUSD hari ini mampu mencatatkan kinerja yang mengesankan. Pasangan mata uang didukung oleh grafik yang sudah berada pada kondisi oversold dan berada di titik support yang membantu GBPUSD naik menuju ke 1,2775. Poundsterling masih berusaha untuk berjuang menuju ke atas 1,2800 di tengah beban yang dibawanya mengenai Brexit.

Selain itu PDB bulan ke bulan dari Inggris lebih rendah dari apa yang diprediksi sebelumnya. Badan statistik Inggris menyatakan PDB berada di 6,6% untuk bulan Juli lebih rendah dari prediksi awal di 6,7% dan data sebelumnya di 8,7%. Namun data itu masih mampu ditutupi oleh produksi sektor manufaktur dan industri yang menggembirakan investor. Pergerakan GBPUSD hari ini akan mulai kembali fokus ke data ekonomi AS mengenai IHK dan pembicaraan Brexit.

 

Baca Juga:   Saham Asia Positif Setelah Pasar Dipenuhi Nada Optimisme, ASX 200 Turun Karena Keputusan RBA

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar