GBPUSD Memperpanjang Penurunan Karena Pemulihan Dolar AS dan Data Mengecewakan Inggris

Pasangan mata uang GBPUSD hari ini terus mengalami penurunan menuju ke level paling rendah dalam sesi. Poundsterling terus melemah dan mengirim pasangan menuju ke level harga 1.235 saat sesi Eropa berlangsung di hari Rabu (1/4). Pasangan tampak telah merespon rilis data ekonomi dari Inggris yang cukup mengecewakan.

Pemulihan Dolar AS

Sebelumnya Poundsterling telah mengalami kegagalan untuk memanfaatkan momentum pemantulan harian yang mencapai 130 pips. Kegagalan itu pada akhirnya kembali mengirim GBPUSD mengunjungi level harga utama di sekitar 1.2500. Bahkan di hari Rabu, GBPUSD hari ini meneruskan penurunan karena bertemu dengan para penjual di tengah pemulihan Dolar AS.

Sepanjang pekan lalu Dolar AS mengalami pelemahan yang sangat ekstrim jatuh dari puncak tertinggi dalam tahunannya. Pemulihan Dolar AS hari ini terjadi setelah para pedagang mendengar langkah Fed bahwa bank sentral asing bisa menukar Treasury AS yang mereka miliki. Fed memungkinkan bank sentral asing untuk menukarkannya dengan pinjaman overnight. Atas berita itu, greenback langsung mengalami kenaikan di tengah penghindaran risiko pasar.

Memang para pembuat kebijakan global termasuk bank sentral global terus melangkah untuk meredam dampak ekonomi virus Corona. Sayangnya semua upaya itu masih dipatahkan oleh kekhawatiran penyebaran virus Corona yang terus memburuk. Beberapa negara mencatat lonjakan kasus infeksi yang sangat tinggi termasuk Inggris. Hal ini juga berperan membawa GBPUSD hari ini turun lebih dalam lagi.

Sementara itu data final IMP sektor manufaktur Inggris dilaporkan dengan hasil penurunan menuju ke 47,8 pada bulan Maret lebih rendah dari harapan awal di 48,0. Perdagangan selanjutnya pasangan GBPUSD mungkin akan fokus ke rilis data ekonomi dari AS mengenai IMP manufaktur ISM. Data itu yang akan membuka peluang perdagangan dalam jangka pendek.

 

Baca Juga:   Data New Zealand Membaik, Prospek Pelonggaran Kebijakan RBNZ Diharapkan Menurun

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar