GBPUSD Hari Ini Naik, Meski Setelahnya Turun Karena Upaya Pemulihan Dolar AS

Pasangan mata uang GBPUSD hari ini sempat mengalami kenaikan sangat tinggi menuju ke nilai tukar yang paling tinggi sejak bulan Maret kemarin. Lonjakan itu terjadi saat sesi Asia berlangsung di awal pekan hari Senin (27/7). Namun sayangnya setelah itu mata uang Poundsterling mengalami beberapa pelemahan dan bergerak di sekitar 1,2820.

Memang sejak pekan lalu permintaan mata uang Poundsterling sangat kuat. Kemudian hari ini kembali mendapatkan dorongan dan memperpanjang momentum positif selama enam hari tanpa jeda. Salah satu faktor yang mendukung GBPUSD hari ini bullish adalah kondisi Dolar AS yang melemah. Penyebabnya adalah banyak investor yang khawatir dengan pandemi virus Corona di AS yang terus meningkat dan mengancam ekonomi.

Selain itu, pelemahan Dolar AS juga dipengaruhi oleh konflik antara AS dan China yang memanas. Diprediksi The Fed akan memberikan stimulus ekonomi yang lebih banyak dan lama untuk membantu ekonomi. GBPUSD hari ini semakin naik dengan baik ketika yield Treasury AS dalam 10 tahun tertekan lebih dalam. Penurunan yield Treasury membawa Dolar AS melemah lebih signifikan lagi.

Pembalikan Dari Puncak Masih Terbatas

Sementara itu untuk pembalikan baru-baru ini, terjadi ketika Dolar AS berusaha mengambil sikap safe haven ketika AS dan China memanas. Sayangnya disisi lain pasar saham global justru mengalami kenaikan yang mendukung aset berisiko Poundsterling Inggris. Pembalikan ini juga mendapatkan dukungan dari faktor teknikal ketika grafik sudah menampilkan indikasi jenuh beli.

Beban bagi Pound terletak pada masalah Brexit yang belum ada titik terang signifikan. Investor sangat takut akan terjadi hard Brexit atau Brexit tanpa kesepakatan dengan Uni Eropa. Pergerakan GBPUSD hari ini akan fokus ke data ekonomi AS mengenai pesanan barang tahan lama. Kemudian dinamika Dolar AS juga akan terus diperhatikan.

 

Baca Juga:   Saham AS Melonjak Berusaha Mencetak Puncak Baru Di Tengah Kekhawatiran Pasar

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar