GBPUSD Bullish Memanfaatkan Dolar AS yang Melemah, Menunggu Rincian Stimulus Terbaru AS

Arah pergerakan pada pasangan mata uang GBPUSD bullish lebih tinggi menuju ke atas nilai tukar 1,31. Salah satu faktor yang membantu Poundsterling Inggris untuk mendominasi pergerakan adalah kondisi Dolar AS yang melemah secara luas. Bahkan para investor juga berhasil mengabaikan beberapa faktor yang membebani mata uang Poundsterling.

Sejak beberapa hari ini, pemerintah Inggris harus menerima kritikan-kritikan atas kegagalan dalam mengatasi pandemi virus Corona. Para investor sebenarnya juga menaruh kekhawatiran yang mendalam pada serangan kedua pandemi yang mengancam. Kemudian banyak juga yang khawatir dengan kesepakatan Brexit yang masih penuh ketidakpastian.

Dolar AS Kembali Melemah

Semua beban ini sebenarnya cukup membebani mata uang Poundsterling. Tapi karena kondisi Dolar AS yang melemah, maka pasangan mata uang GBPUSD bullish meyakinkan dan membatalkan risiko bearish. Momentum pelemahan mata uang Dolar AS tampaknya juga telah mengabaikan rilis data IMP manufaktur ISM AS yang optimis kemarin.

Para pelaku pasar dan investor global mungkin sangat khawatir dengan kenaikan kasus virus Corona di AS. Karena hal itu bisa membatalkan momentum pemulihan ekonomi AS. Sebab lonjakan kasus bisa berisiko diberlakukannya kembali kebijakan lockdown. Sehingga ekonomi kembali terhenti total dan menghancurkan momentum pemulihan yang sudah di bangun

Tekanan Dolar AS yang mendukung GBPUSD bullish juga datang dari ketidakpastian dana bantuan terbaru dari AS. Para pembuat kebijakan AS masih berdebat untuk meloloskan RUU stimulus tersebut. Paling tidak hari Jumat besok menjadi penentuan seberapa besar dana yang disetujui.

Sementara itu untuk arah pergerakan GBPUSD selanjutnya mungkin akan terus dokus ke beberapa masalh dari AS dan Inggris. Dinamika Brexit masih menjadi penentu arah mata uang Pound meski Uni Eropa melonggarkan tekanannya. Kemudian data NFP AS pada pekan ini juga menjadi fokus utama.

 

Baca Juga:   Analisa Forex GBPUSD, EURUSD, AUDUSD, USDJPY 03/06/2020

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar