Evaluasi Fenomena-Fenomena Geopolitik Dongkrak Harga Emas

Harga emas naik tipis di sesi perdagangan Senin malam, seiring meredanya optimisme kesepakatan perdagangan dengan China. Harga emas spot naik 0.3 persen ke 1493.33 per ons pada pukul 14:41 GMT. Masih di bahwa level kuncu 1500, tetapi sudah cukup jauh dari level rendah di kisaran 1473 yang tercapai di sesi perdagangan sebelumnya. Sedangkan harga emas futures di Comex New York naik 0.6 persen ke 1497.6 per ons.

“Penilaian kembali– yang merupakan alasan mengapa harga emas menunjukkan fluktuasi yang kecil di bawah 1500– adalah reasessment terhadap kesepakatan AS-China, Brexit, dan kebijakan The Fed terkait apa yang akan maupun tidak akan dilakukan di masa depan,” kata Georger Gero, Direktur Manajer RBC Wealth Management.

“Indeks Dolar AS naik dan menahan emas dari reli yang besar. Hal itu karena para investor internasional sedang membeli sekuritas AS menggunakan Dolar.” sambung Gero.

Perkembangan terbaru soal perang dagang menyebut bahwa China menginginkan diadakan perundingan kembali pada akhir bulan ini dengan AS. Mereka ingin memastikan detail-detail kesepakatan, sebelum Presiden China Xi Jinping menandatangani Outline yang disusun oleh Presiden AS Donald Trump, demikian tulis media Bloomberg.

Merespon laporan tersebut, Indeks Dolar AS turut menguat, sehingga menahan kenaikan harga emas tak terlalu tinggi. Di sisi lain, Menteri Keuangan AS malah mengatakan bahwa bea impor dapat dinaikkan lagi jika China dan AS tak mencapai kesepakatan pada tanggal 15 Desember.

“Berita yang menyebutkan bahwa China ingin berbicara lagi dengan AS sebelum menyepakati trade deal adalah sesuatu yang menyusutkan optimisme yang sempat tercapau pada hari Jumat lalu, setelah pengumuman besar dari Trump,” kata Edward Moya, analis OANDA.

Moya menyimpulkan bahwa secara keseluruhan trend bullish emas masih utuh. Masih ada banyak faktor dan alasan yang dapat membuat seseorang dari berbagai belahan dunia ini untuk membeli emas.

Baca Juga:   Investor Mengandalkan Reli Besar Ketika Pembicaraan Perdagangan China Dan As

Tinggalkan sebuah Komentar