EURUSD Memperpanjang Pemulihan Di Tengah Pelemahan Dolar AS

Pasangan mata uang EURUSD hari ini mampu terus memulihkan diri dalam perdagangan mingguan. Perdagangan di hari Rabu (25/3) saat sesi Eropa, pasangan mampu bergerak positif di sekitar level harga 1,0840 yang menjadi puncak harian. Beberapa masalah di AS telah menyebabkan permintaan Dolar AS anjlok dan dimanfaatkan Euro dengan baik.

Bahkan EURUSD hari ini mampu bergerak naik selama empat sesi berturut-turut dan menjaga level harga 1,0800 lebih lama lagi. Tampaknya permintaan Dolar AS masih akan terus menurun karena para pedagang yang menilai pelonggaran kebijakan moneter dari Fed. Pasalnya kemarin Fed telah melakukan pembelian obligasi pemerintah tanpa adanya batas akhir. Selain itu pemerintah AS dan Senat juga telah sepakat untuk adanya paket stimulus senilai $2 Triliun.

Dari sisi Euro, data mengenai IFO Jerman menampilkan bahwa sentimen bisnis anjlok menuju 86,1 pada bulan Maret ini. Penilaian bisnis juga turun 93,0 dan ekspektasi bisnis berada di 79,7 di bawah harapan awal. Sementara itu Dolar AS tampaknya akan fokus ek rilis data mengenai pesanan barang tahan lama dan juga indeks harga rumah untuk hari ini.

Pulih Sejak Awal Pekan

Sebelumnya Euro sudah terus berusaha untuk memulihkan diri sejak pembukaan awal pekan kemarin. Euro terus mengikuti bagaimana dinamika pergerakan Dolar AS yang sedang diancam mengalami perlambatane ekonomi. Selain itu para pedagang juga digerakkan oleh langkah para pembuat kebijakan global dalam menangani perlambatan akibat virus Corona.

EURUSD hari ini menguat juga tidak lepas dari data IMP Jerman dan Eropa yang lebih baik dari harapan sebelumnya. Kondisi ini otomatis membuat tekanan fundamental kawasan Euro mulai sedikit mengalami pelonggaran yang berarti. Pasalnya ekonomi kawasan Euro sangat tertekan dengan adanya wabah virus Corona. Apalagi sebelumnya ekonomi sudah cukup suram.

 

Baca Juga:   Dolar Australia Turun Setelah Data China Suram dan Risk-Off Pasar, AUDJPY Turun Tajam

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar