EURUSD Bernada Bullish Setelah ECB Cenderung Hawkish

Pergerakan pasangan mata uang EURUSD hari ini mampu mencatatkan kenaikan menuju k 0,17% saat menjelang pembukaan sesi Eropa hari Jumat (11/9). Dengan kenaikan itu maka pasangan diperdagangkan di sekitar nilai tukar 1,1834 bangkit dari titik terendah sesi awal Asia di 1,1810.

Pasangan mata uang EURUSD bisa bergerak naik dengan adanya pandangan yang cenderung optimis dari bank sentral Eropa. Kemarin ECB lebih cenderung menyampaikan prospek ekonomi yang sangat baik dan berpeluang membantu Euro mendominasi pergerakan kembali. Sayangnya kenaikan EURUSD hari ini masih akan dibatasi oleh nada penghindaran risiko yang cukup kuat dan bertahan lama.

Pernyataan Hawkish ECB

Pada hari Kamis kemarin, ECB memang melangsungkan pertemuan kebijakan moneternya. Pada acara utama tersebut, Presiden EC yaitu C. Lagarde mengatakan permintaan dalam negeri sudah mampu mencatatkan pemulihan yang cukup signifikan dari titik paling rendah. Selain itu Lagarde juga cenderung meremehkan kekhawatiran terhadap penguatan mata uang Euro beberapa waktu terakhir terhadap Dolar AS.

Para pelaku pasar dan investor sendiri mengharapkan akan ada pernyataan yang lebih keras pada masalah penguatan mata uang Euro. Sehingga diharapkan bisa mendukung penjualan Euro karena apresiasi yang berlebihan. Tapi dengan pernyataan yang cenderung hawkish, telah membawa Euro kembali mendominasi menuju ke puncak paling tinggi saat hari Kamis kemarin.

Sementara itu untuk pergerakan EURUSD hari ini akan lebih fokus ke dinamika sentimen risiko global. Mata uang Euro bisa mencatatkan pelemahan ketika saham Eropa senada dengan apa yang terjadi di sekitar Wall Street. Selain itu rilis data ekonomi AS nanti malam mengenai indeks harga konsumen juga akan menjadi katalis penggerak lain bagi EURUSD. Jika data lebih baik dari prediksi maka indeks Dolar AS bisa menguat lebih tinggi.

 

Baca Juga:   Wabah Virus Corona Telah Menekan Pendapatan Perusahaan Dari Berbagai Bidang

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar