Euro Melemah Karena Penghindaran Risiko, Fokus Ke ECB, Data dan Kabar Perdagangan

Permintaan di sekitar mata uang Euro melemah dan membawa EURJPY turun dari puncak dalam pekan. Penurunan itu membawa pasangan menuju ke level harga 120,82 saat perdagangan Rabu dini hari. Penyebab utama anjloknya permintaan Euro disebabkan oleh penghindaran risiko para pelaku pasar menjelang acara-acara penting pada pekan ini.

Salah satu yang menyebabkan Euro melemah hari ini adalah perdagangan antara dua raksasa ekonomi, AS-China yang mengalami kebuntuan. Padahal sudah sangat dekat dengan 15 Desember yang menjadi batas awal berlakunya tarif AS ke produk China. Pemerintah AS sendiri tetap keras akan mengenakan tarif kecuali jika terjadi kesepakatan dagang saat itu juga.

Sementara itu pemerintah China terus menekan AS agar melakukan penghapusan tarif untuk kemudian melakukan pembicaraan kembali. Dilansir dari Reuters bahwa Presiden Trump akan melakukan pertemuan dengan penasihat Dagangnya. Kemudian dalam waktu dekat Trump akan mengumumkan apakah akan menaikkan tarif atau menundanya kembali.

Perhatian Pasar

Dari dalam negeri, permintaan Euro melemah mungkin juga disebabkan oleh dinamika politik Inggris menjelang pemilihan umum Kamis ini. Beberapa hasil jajak pendapat terakhir menyatakan jarak kemenangan Konservatif semakin tipis di atas Buruh. Selain itu juga mungkin akan terjadi parlemen gantung yang membuat para pelaku pasar khawatir. Hasil pemilihan Inggris ini akan mempengaruhi bagaimana perjalanan Brexit selanjutnya.

Mata uang Euro juga akan fokus ke pertemuan bank sentral Eropa dalam pembahasan kebijakan moneter terbarunya. Pertemuan itu menjadi pertemuan perdana EBC di bawah kepemimpinan C. Lagarde. Diprediksi bahwa bank sentral Eropa tidak akan melakukan perubahan kebijakan moneter.

Namun mungkin kembali menekankan bahwa dukungan sektor fiskal sangat dibutuhkan untuk saat ini. Beberapa data seperti tingkat inflasi Jerman dan juga produksi sektor industri dari kawasan Euro juga akan menjadi fokus pasar.

 

Baca Juga:   Sterling Melesat Di Atas $1.30 Akibat Munculnya Harapan Kemajuan Brexit

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar