Emas Menghentikan Kenaikan Tiga Hari, Langkah Kebijakan Global Akan Sangat Menentukan

Permintaan logam mulia harus mengalami pelemahan di perdagangan hari Rabu (25/3) saat sesi Asia berlangsung. Padahal sebelumnya harga emas sempat mengalami kenaikan dalam tiga hari terakhir dengan berturut-turut. Namun sayangnya saat ini emas turun menuju ke level harga 1,615 atau mewakili penurunan 0,25%. Sebelumnya saat sesi awal Asia, emas sempat sampai ke puncak sesi di 1,643.

Perdagangan hari Selasa kemarin (24/3) posisi harga logam mulia berhasil ditutup dengan mencatatkan kenaikan sampai 4,38%. Level itu merupakan titik yang paling tinggi sejak 24 Februari lalu. Sementara itu tiga hari perdagangan terakhir, harga emas mampu bangkit dari 1.455 menuju ke level harga 1.635. Penyebab utama pergerakan bullish itu adalah kekhawatiran pedagang atas ancaman resesi ekonomi global akibat virus Corona.

Kekhawatiran itu diperburuk dengan gagalnya RUU bantuan virus Corona dari voting Senat AS. Kegagalan itu menyebabkan permintaan Dolar AS anjlok tajam dan mendukung kenaikan harga logam mulia. Selain itu Fed juga memutuskan untuk melakukan pembelian obligasi pemerintah tanpa adanya batas waktu. Semua faktor itu bergabung dan membawa indeks DXY anjlok dari puncak terbarunya.

Langkah Bank Sentral Global

Beberapa bank sentral global juga terus melangkah lebih maju untuk menangkal perlambatan akibat serangan virus Corona. RBNZ dan BoC tampaknya sampai sudah kehabisan pilihan kebijakan setelah keduanya memangkas suku bunga ke level paling rendahnya. Kedua bank sentral itu juga telah melakukan pembelian obligasi untuk mendukung ekonomi dalam negeri.

Namun jika wabah ini tidak segera teratasi, maka akan memaksa adanya stimulus fiskal yang sangat besar. Dampaknya inflasi juga turut akan terganggu dan membawa harga emas untuk melonjak kembali. Sehingga langkah para pembuat kebijakan global akan menentukan harga logam mulia selanjutnya.

 

 

Baca Juga:   Brexit: Inggris Menghadapi Perhitungan Tenggat Waktu Tanpa Kesepakatan Hanya Beberapa Hari Lagi

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar