Emas Bullish Pasca Naiknya Tensi Perang Dagang AS-China

Emas masih melanjutkan kenaikan di sesi perdagangan Selasa (07 Mei) tengah malam, pasca kegemparan akibat ancaman Trump. Presiden Amerika Serikat tersebut mengumumkan akan menaikkan tarif impor terhadap barang-barang China senilai $200 miliar pekan ini. Pasalnya, China dianggapnya berbelit-belit dalam menyepakati negosiasi perdagangan.

Harga emas spot turun 0.1 persen ke $1,277.66 per ounce. Sedangkan harga emas futures di Comex New York juga turun dengan persentase yang sama, menuju level $1,279.80 per ounce. Sementara itu, grafik XAU/USD harian berikut ini menunjukkan posisi harga emas yang cukup stabil mempertahankan level tinggi harian, dengan diperdagangkan di 1,281.5.

Hari Minggu kemarin, Trump menekan China agar segera menyetujui kesepakatan perdagangan. Melalui akun Twitternya, presiden AS tersebut mengumumkan bahwa bahwa ia akan menaikkan bea impor terhadap barang-barang China senilai $200 miliar pekan ini. Tak hanya itu, orang nomor satu di AS tersebut mengancam akan segera menambahnya dalam waktu dekat jika China masih berbelit-belit.

“Kita sedang menyaksikan reaksi pasar terhadap ketidakpastian perundingan perdagangan. Hal ini menciptakan kegugupan di pasar. Dolar AS cukup kuat, sebaliknya, harga emas kemungkinan akan bergerak bertolak belakang,” tutur Ole Hansen, Commodity Strategist di Saxo Bank.

 

Kenaikan Harga Emas Dinilai Rentan

Sebagai informasi, beberapa saat setelah komentar Trump tersebut, harga emas sempat melesat ke puncak satu pekan di $1,285.51 per ounce. Sedangkan komoditas lain seperti minyak, justru jeblok. Namun demikian, peningkatan harga emas diperkirakan tak akan bertahan lama. Selain karena Dolar AS dan Yen lebih difavoritkan trader sebagai safe haven, secara teknis pun masih ada sinyal konsolidasi di bawah level psikologis 1,300.

“Meskipun harga emas naik, analisis teknikal menunjukkan bahwa tekanan turun pada logam mulia masih terus terbentuk,” tulis para analis OCBC yang dikutip dari Reuters. Dalam jangka menengah, harga emas ditaksir masih terkonsolidasi di kisaran $1,270 sampai $1,300.

Baca Juga:   Analisa Emas, Minyak dan Perak Harian 24 Mei 2019

Tinggalkan sebuah Komentar