Ekonomi Inggris Terus Melambat, Resiko Hard Brexit Akan Mengancam Perekonomian Masa Depan

Polemik Brexit terus bergulir penuh ketidakpastian akan terjadi soft Brexit atau bahkan hard Brexit. Jika memang terjadi hard Brexit maka Inggris akan keluar dari Uni Eropa tanpa adanya kesepakatan apapun. Dampak yang akan terjadi cukup mengkhawatirkan yaitu tingkat pertumbuhan ekonomi Inggris yang melambat dan yang paling buruk adalah bisa terjadi resesi. Bank sentral Inggris sendiri juga mengungkapkan bahwa resiko terjadinya hard Brexit adalah Inggris akan mengalami resesi yang paling parah sejak resesi yang terjadi pada Perang Dunia II.

Gubernur bank sentral Inggris Carney mengatakan pada sesi konferensi pers saat Laporan Stabilitas Finansial bahwa resiko terjadinya Hard Brexit dalam beberapa waktu terakhir semakin besar dan mungkin bisa akan menyebabkan gangguan cukup kuat pada perekonomian di Inggris. Bahkan baru-baru ini ekonomi Inggris sudah mengalami perlambatan yang bisa dilihat dari data-data ekonomi dan aktivitas bisnis pada pekan lalu. Bahkan data manufaktur dan juga konstruksi Inggris mengalami tekanan yang cukup besar dan pada sektor jasa juga terancam mengalami tekanan.

Pelonggaran Kebijakan BoE

Berdasarkan berita dari Reuters bahwa dengan kondisi ekonomi Inggris yang mengalami perlambatan dan ancaman terjadinya Hard Brexit, Royal Bank of Canada memperkirakan BoE akan melakukan pemangkasan suku bunga pada tahun ini agar pertumbuhan ekonomi bisa ditingkatkan. RCB menjadi satu-satunya bank yang merilis prediksi mengenai kebijakan moneter BoE kedepannya.

Karena memang sampai saat ini BoE masih bertahan dengan sikapnya yang hawkish dan bertolak belakang dengan bank sentral dunia lain yang telah melonggarkan kebijakan moneternya. Bahkan jika Carney telah mengungkapkan resiko hard Brexit, tetapi kebijakan moneter belum terlihat akan mengalami pelonggaran. Carney masih memegang proyeksi kenaikan suku bunga tipis jika memang terjadi soft Brexit atau Inggris keluar dengan kesepakatan.

Baca Juga:   Dolar AS Akan Menunggu Kesaksian Kedua Dari Fed Powell Untuk Arah Lebih Lanjut

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar