Ekonomi Inggris Membaik Setelah PDB Pulih, Fokus Ke Pemilihan Umum Desember

Kemarin Badan Statistik Inggris menyampaikan laporan mengenai tingkat pertumbuhan ekonomi dalam bentuk produk domestik bruto. Data ekonomi Inggris tersebut disampaikan dengan hasil PDB naik 0,3 persen kuartal ke kuartal pada hitungan kuartal ketiga tahun ini. Dengan hasil data ini maka pertumbuhan lebih baik dari laporan data kuartal sebelumnya yang berada pada level -0,2 persen.

Fundamental Inggris

Laporan data mengenai produk domestik bruto yang melonjak ini secara otomatis telah mengirim ekonomi Inggris menjauh dari ancaman resesi. Sayangnya walaupun meningkat dari laporan sebelumnya, PDB Inggris bergeser dari prediksi sebelumnya yang berada di 0,4 persen. Selain itu beberapa rilis data ekonomi yang disampaikan hampir bersamaan juga dilaporkan dengan hasil yang mengecewakan pasar.

Data pertumbuhan ekonomi dalam hitungan tahunan juga telah mengalami penurunan dari level 1,3 persen menuju ke 1,0 persen. Hitungan tahunan juga lebih buruk dari harapan awal pasar yaitu di 1,1 persen. Hasil tahunan ini menjadi rekor laporan paling lambat selama kurun waktu 10 tahun terakhir. Sementara itu dari sektor jasa tampak menjadi motor penggerak ekonomi utama bagi Inggris. Namun untuk sektor manufaktur terus membebani ekonomi dalam negeri.

Selain itu data mengenai produksi pada sektor industri dan pada sektor manufaktur juga dilaporkan dengan hasil yang suram sepanjang tahun 2019 ini. Tingkat neraca perdagangan Inggris mengalami penurunan menuju ke kawasan defisit. Jika dilihat secara keseluruhan dari data, memang ekonomi Inggris masih tergolong cukup kuat menghadapi segala risiko. Sayangnya komentar yang dovish dari BoE memberikan pesimisme pasar.

Fokus para pelaku pasar dan investor Inggris selanjutnya akan tertuju pada gambaran hasil pemilihan umum yang akan berlangsung pada bulan Desember mendatang. Jika memang partai Konservatif terus diproyeksikan menguasai parlemen, maka Pound akan bisa melonjak tinggi karena politik yang stabil.

 

Baca Juga:   Poundsterling Inggris Melonjak Pasca Kabar Brexit Dari UE, Tertahan Menunggu Berita Lanjutan

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar